Mohon tunggu...
Ni Luh Ayu Ratna Ningsih
Ni Luh Ayu Ratna Ningsih Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UNIVERSITAS MAHASARWATI DENPASAR

Tetap Berusaha Pasti Bisa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penerapan Teknologi Terkini pada UMKM VCO Balini dalam Penanggulangan Dampak Ekonomi

29 Mei 2021   20:21 Diperbarui: 29 Mei 2021   20:48 101 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penerapan Teknologi Terkini pada UMKM VCO Balini dalam Penanggulangan Dampak Ekonomi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : Ni Luh Ayu Ratna Ningsih dan Ni Nyoman Ayu Suryandari

ABSTRAK

Pandemi covid-19 yang melanda saat ini berimplikasi terhadap perekonomian masyarakat,tidak sedikit usaha-usaha yang mengalami dampaknya baik usaha kecil,menengah maupun usaha skala besar. 

Dampak yang dirasakan oleh masyarakat sangatlah terasa,karena efek dari adanya pandemi ini mengubah adanya pola kehidupan, utamanya pola ekonomi dari masyarakat yaitu adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satunya yaitu UMKM VCO BALINI yang dimiliki oleh Bapak Made Arta Firadayana yang terletak di lingkungan Banjar Kubu,Kelurahan Kubu,Kecamatan Bangli,Kabupaten Bangli. Dari observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 24 Februari 2021 usaha UMKM ini mengalami beberapa masalah dalam bidang pemasaran produk,selama masa pandemi saat ini. 

Karena usaha UMKM yang dimiliki oleh Bapak Made ini terbilang baru pemasaran produknya belum sangat meluas dan belum banyak di kenal oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat luar,dan penjualan produk juga hanya di lakukan secara offline,sehingga terdapat sedikit penurunan terhadap omset penjualan pada masa pandemi,selain itu Bapak made masih mengalami kesulitan dalam penyusunan laporan keuangan masih sederhana dan masih dicatat secara manual.Melihat kondisi tersebut,Pengabdian Kepada Masyarakat hadir membawa visi untuk Membantu UMKM melakukan digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi terkini dengan menggunakan ( Facebook,Instagram,Shopee,Buku Warung dan Kartu Stok).

Kata kunci : Pandemi,UMKM,Teknologi Terkini

Analisis Situasi

Pandemi covid-19 yang melanda saat ini berimplikasi terhadap perekonomian masyarakat,tidak sedikit usaha-usaha yang mengalami dampaknya baik usaha kecil,menengah maupun usaha skala besar. 

Dampak yang dirasakan oleh masyarakat sangatlah terasa,karena efek dari adanya pandemi ini mengubah adanya pola kehidupan, utamanya pola ekonomi dari masyarakat yaitu adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di lingkungan Banjar Kubu,Kelurahan Kubu,Kecamatan Bangli,Kabupaten Bangli. 

Banyak usaha yang mengalami penurunan omset usaha bahkan tidak sedikit usaha yang beralih jenis usaha atau bahkan usaha harus gulung tikar karena situasi pandemi saat ini. Untuk mengurangi dampak tersebut,maka pihak yang menjalankan usaha harus melakukan cara-cara yang dapat meningkatkan produktivitas usaha diantaranya yaitu pengenalan produk dan promosi. Ada banyak sekali jenis promosi yang dapat dilakukan diantaranya yaitu promosi secara fisik,promosi melalui tradisional dan promosi melalui media digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN