Mohon tunggu...
Lugas Rumpakaadi
Lugas Rumpakaadi Mohon Tunggu... Penulis - WotaSepur

Like a train which is always on time. Hi, I'm Lugas.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Layanan-layanan Baru Kereta Api Ini Permudah Wisatawan Menuju Yogyakarta

23 Agustus 2021   10:47 Diperbarui: 23 Agustus 2021   10:56 102 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Layanan-layanan Baru Kereta Api Ini Permudah Wisatawan Menuju Yogyakarta
Shower & Locker, layanan baru KAI Wisata yang saat ini tersedia di Slasar Malioboro Yogyakarta. (Sumber: Instagram @keretaapikita)

Saat dibukanya kembali pariwisata di Yogyakarta, wisatawan sepertinya akan semakin dimudahkan dan juga semakin nyaman saat berwisata. Pasalnya, ada beberapa pelayanan menarik yang ditawarkan oleh Kereta Api Indonesia.

Minggu (22 Agustus 2021) malam melalui akun Instagram perusahaan @keretaapikita, KAI mengumumkan layanan barunya di Slasar Malioboro Yogyakarta. Layanan tersebut bernama Shower & Locker dan dikelola oleh anak perusahaan KAI yaitu KAI Wisata.

Layanan Shower & Locker ini dapat dimanfaatkan oleh pelancong yang ingin menitipkan barang bawaannya sekaligus membersihkan diri. Wisatawan bisa menyewa locker untuk menitipkan barang bawaannya. Locker ini dijamin keamanannya karena sudah menggunakan sistem smart locker yang dapat diakses secara self service.

Sementara itu pada layanan shower, wisatawan dapat membersihkan diri dan akan mendapat fasilitas free amenities perlengkapan mandi khusus shower, steamer, dan hairdryer. Ada juga layanan penunjang lainnya seperti ruangan ber-AC dan free wifi.

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, Anda hanya cukup membayar sebesar Rp40 ribu saja. Tersedia beberapa paket dengan menggunakan sistem pembayaran non-tunai. Hingga akhir Agustus ini, KAI Wisata menawarkan promo khusus untuk Anda yang menggunakan layanan Shower & Locker di Slasar Malioboro.

Selain di Slasar Malioboro, layanan Shower & Locker ini juga tersedia di Stasiun Gambir. Perbedaannya, tarif layanan Shower & Locker adalah sebesar Rp70 ribu atau lebih tinggi Rp30 ribu dibandingkan dengan yang ada di Slasar Malioboro.

KA Bandara YIA. (Sumber: Twitter Didiek Hartantyo)
KA Bandara YIA. (Sumber: Twitter Didiek Hartantyo)

Di samping layanan baru tersebut, KAI dalam waktu dekat ini juga akan mulai mengoperasikan Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport. Beberapa waktu yang lalu, pihak KAI sudah melakukan uji coba jalur antara Stasiun Wojo-Bandara YIA menggunakan lokomotif jenis CC 206. Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga telah melakukan uji coba dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi Merbabu.

Proses launching KA Bandara YIA seharusnya dilakukan bersamaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 kemarin. Namun, karena dinilai belum siap beroperasi, kemungkinan launching atau perjalanan perdana KA Bandara ini akan diundur pada akhir bulan Agustus ini.

Adanya KA Bandara ini akan mempermudah mobilitas wisatawan yang akan menuju Yogyakarta maupun sebaliknya. Pasalnya, waktu tempuh KA Bandara ini relatif lebih cepat. Dari Stasiun Yogyakarta hingga Bandara YIA, KA Bandara hanya butuh waktu sekitar 39 menit saja dan tentunya bebas dari kemacetan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan