Mohon tunggu...
Ludovicus Mardiyono
Ludovicus Mardiyono Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis buku "Kingdom Leadership"

Kingdom citizen

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Staff KJRI Hong Kong yang Baik Hati

17 Mei 2012   10:43 Diperbarui: 25 Juni 2015   05:10 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pagi ini saya mendengar sesuatu yang baik tentang pelayanan beberapa staff KJRI Hong Kong. Dari seberang telpon, dia mengatakan, "Pak H dan Pak B itu baik sekalli, ramah kalau melayani kami. Pak T juga, mereka mengerti sekali apa yang kami inginkan." Kata seorang pemilik agen di Hong Kong.

Saya setuju dengan pujian itu, dan itu memang pernah bahkan sering saya buktikan sendiri. Pelayanan beberapa staff KJRI memang baik, ramah dan sopan. Beberapa kali saya menelpon mereka dan selalu ditanggapi dengan baik, dan setiap pertanyaan saya dijawab dengan sabar.

Waktu saya mengantar seorang BMI yang sedang hamil dan ingin pulang ke Indonesia, Pak Y juga sangat ramah dan cepat untuk mengantur segala sesuatunya. Salut untuk KJRI Hong Kong.

Di sisi lain, saya juga mendengar keluhan tanda tidak puas atas pelayanan KJRI. Semua keluhan itu berasal dari Pekerja Rumah Tangga di Hong Kong. Mereka mengeluh dibentak baik langsung atau pun melalui telpon, waktu mengadu tidak ditanggapin dengan semestinya dan lain-lain.

Saya jadi mikir, apakah ada perbedaan standart pelayanan KJRI Hong Kong kepada Pekerja Rumah Tangga dan non-PRT? Mengapa berbeda pelayanannya? Apakah cerita pemilik agen itu benar? Apakah pengalaman saya sendiri itu asli? Apakah keluh kesah BMI itu sungguh terjadi?

Kalau semua benar, berarti memang ada perbedaan pelayanan oleh KJRI Hong Kong terhadap PRT dan non-PRT. Jika ini fakta, ini menyedihkan. Ini tidak boleh dibiarkan berlarut, ini mesti segera dibenahi. Saya harap, Bapak dan Ibu staff KJRI untuk memberikan pelayanan yang sama kepada semua dan lebih sabar kepada teman-teman PRT. Tolong jangan dibedakan!

Staff KJRI Hong Kong yang baik hati adalah dambaan semua WNI di Hong Kong. Barangkali bagus kalau ada kontes untuk memilih staff KJRI Hong Kong yang paling ramah, paling cepat bekerja, paling akrab dengan BMI dan sebagainya.

Kalau Bapak atau Ibu staff KJRI Hong Kong baca tulisan ini, tolong untuk dipertimbangkan usul ini. Saya usul ini karena besarnya kerinduan saya akan adanya pelayanan publik yang baik dan efisien untuk semua BMI di Hong Kong.

Wanted: Staff KJRI Yang Baik Hati! Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun