Mohon tunggu...
Ludiro Madu
Ludiro Madu Mohon Tunggu... Dosen

Mengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Baru 40 Hari Ketagihan Ber-kompasiana

22 Oktober 2020   13:17 Diperbarui: 22 Oktober 2020   19:45 190 49 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Baru 40 Hari Ketagihan Ber-kompasiana
ilustrasi: M. Hbiar Kartayasa

Selamat ulang tahun ke-12 untuk Kompasiana. Senang rasanya bisa ikut merasakan suasana bahagia ini. Memang tidak kenal maka tak sayang. 

Sudah lama bergabung, tetapi rasanya baru mulai mengenal Kompasiana dalam satu bulan ini atau 40 hari ini. Dalam waktu yang relatif singkat ini, saya ternyata bisa ikut merayakan hari bahagia ini.

Kompasiana mulai membuat saya ketagihan menulis selama 40 hari ini. Padahal, tidak ada alasan khusus bagi saya tentang mengapa akhirnya menulis di Kompasiana ini. 

Saya tulis 'akhirnya' karena saya berharap Kompasiana menjadi 'pelabuhan' terakhir dalam menulis. Sebelumnya saya sudah berpetualang di empat portal opini.

Ada perbedaan mencolok antara tulisan-tulisan saya di Kompasiana dengan portal lain. Tulisan-tulisan di portal-portal itu semuanya berkaitan dengan berbagai isu hubungan internasional. 

Sedangkan di Kompasiana, tulisan saya sebagian besar tentang cara-cara menulis atau di luar zona nyaman tentang hubungan antar-negara. Ini memang sebuah kesengajaan atau by design.  

Bagi saya, ketagihan menulis di Kompasiana ternyata terasa menarik. Pertama, ada keleluasaan menulis berbagai topik tanpa batas dengan gaya bahasa bebas dan bentuk tulisan apa pun merupakan sebuah kemewahan bagi saya. Apalagi proses editing admin Kompasiana yang minimal menjadi daya tarik bagi saya.

Bebas menulis topik apa saja dengan bahasa tidak harus ber-EYD dan bentuk tulisan beraneka memang menjadikan Kompasiana berbeda dengan portal lain. 

Ini yang saya cari. Selama ini saya mengalami kesulitan menggunakan bahasa yang akrab dengan dan menyapa pembaca. Tulisan saya soal hubungan internasional cenderung formal dan kaku. 

Di Kompasiana, saya belajar lagi menulis dengan mencoba lebih reader-friendly. Masih kesulitan, tetapi ada kesempatan untuk berlatih lewat tulisan-tulisan saya selama ini.

Hal menarik kedua, berbagai faktor itu tampaknya memungkinkan saya menulis hampir tiap hari untuk Kompasiana ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x