Mohon tunggu...
Henri Lois
Henri Lois Mohon Tunggu... -

Ghostwriter, Terapis Anak Autis, ADHD, Tunarungu. 0812 678 09 681

Selanjutnya

Tutup

Money

Tema Fantasi: Strategi Komunikasi Bisnis Perusahaan Multinasional

16 April 2014   06:07 Diperbarui: 4 April 2017   17:52 1137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Komunikasi adalah kunci utama, perekat inti bagi kemajuan perusahaan multinasional. Dengan keterampilan berkomunikasi yang tepat, perusahaan dapat tumbuh terus tanpa henti, menjadi suatu legenda. Buku ini adalah kitab penting, kompas yang dibutuhkan oleh setiap pimpinan perusahaan, pemegang saham, dan semua pihak yang menginginkan perusahaannya berkembang secara optimal.

Tiga perusahaan multinasional yang dikupas dalam buku ini adalah PT Unilever Indonesia Tbk (Eropa), PT Kao Indonesia (Jepang) dan PT Johnsons & Sons (Amerika).Meskipun membahas tiga perusahaan multinasional di Indonesia, prinsip- prinsip komunikasi yang terkandung dalam buku ini aplikatif untuk semua jenis perusahaan. Jadi memahami dan menerapkan teknik komunikasi yang tepat memungkinkan perusahaan berkembang menjadi perusahaan yang terus bertumbuh secara berkesinambungan.

Para Profesor, pakar dan praktisi di bidang ilmu komunikasi yang memberikan endorsement dalam buku ini sudah memberi legitimasi yang lebih dari cukup bahwa buku ini layak menjadi buku wajib perusahaan multinasional.

Perusahaan multinasional dikatakan dapat bertahan jika dapat melalui berbagai permasalahan yang muncul sehubungan dengan kegiatan bisnisnya di Indonesia. Maka, perusahaan memerlukan strategi komunikasi yang tepat dengan pemerintah, masyarakat dan secara internal di dalam perusahaan itu sendiri.

Komunikasi adalah peristiwa nyata yangterjadi dalam kehidupan kita sehari- hari. Melalui buku ini, Dr Dorien Kartikawangi membawa kita pada suatu perjalanan mendalam tentang dunia komunikasi. Berbagai istilah berbahasa Inggris dan analisis yang mendalam dalam buku ini menjadi mudah dicerna berkat gaya penulisan akademis dalam kerangka bahasa populer.

Sang penulis adalah peminat sejati ilmu komunikasi. Hal ini terbukti dari konsistensinya mengikuti pendidikan S-1, S-2, dan S-3 di bidang studi komunikasi. Membaca tujuh bab dalam buku ini akan memberikan pencerahan terhadap strategi komunikasi yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda.

Buku ini sesungguhnya akan jauh lebih mudah dicerna bila dilengkapi dengan ilustrasi dan kesimpulan atau ringkasan. Bagaimanapun juga, penulisan yang sistematis dan komprehensif membuat buku ini enak dibaca.

Di bab enam, penulis memaparkan kunci sukses perusahaan dalam membangun komunikasi dengan pemerintah. Pemahaman bersama, yang merupakan hakekat dari konvergensi. Hal ini ditandai oleh penajaman kesatuan dan kesamaan arah antara perusahaan dengan pemerintah. Konvergensi utama terletak pada pemahaman peraturan yang diberlakukan serta negosiasi dalam penyusunan peraturan baru. Alhasil, komunikasi bermuara pada dua hal, yakni mengurangi ketidakpastian dan menciptakan pemahaman bersama.

Di bab tujuh, dibahas tentang kunci sukses relasi dengan masyarakat. Terdapat berbagai cara, baik melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), undian berhadiah, iklan, maupun berbagai cara kreatif lainnya. Kegiatan komunikasi ini pada akhirnya membangun citra positif perusahaan di mata masyarakat.

Bab penutup berisi inspirasi untuk para manajer. Sangat membuka wawasan ke arah perubahan dan perkembangan strategi komunikasi perusahaan ke arah yang lebih baik. Dr Dorien Kartikawangi telah membuktikan pengabdiannya di Perguruan Tinggi dengan melahirkan maha karya ini. Hasil penelitian ilmiah yang memerlukan dana besar dan konsentrasi tinggi terbukti tidak berakhir di rak sunyi perpustakaan kampus, melainkan menyeruak di tengah masyarakat dan perusahaan: menjadi lentera dalam kegelapan.

Resensi Buku

Judul: Tema Fantasi

Strategi Komunikasi Bisnis

Perusahaan Multinasional

Penulis: Dorien Kartikawangi

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tebal: xxviii, 258 hal

Kategori: Komunikasi

Terbit: Desember 2013

Investasi: Rp 67,000

ISBN: 978-602-0300-504

Peresensi: Henri Lois

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun