Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Book

ISBN: Sebuah Solusi untuk Meningkatkan Kualitas Literasi

2 Desember 2023   18:46 Diperbarui: 2 Desember 2023   19:08 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ISBN, atau International Standard Book Number, adalah sebuah kode unik yang diberikan kepada setiap buku untuk memudahkan identifikasi dan penelusuran buku tersebut. ISBN terdiri dari 13 digit, yang dibagi menjadi lima bagian. 

Bagian pertama adalah kode negara, yang terdiri dari tiga digit. Bagian kedua adalah kode penerbit, yang terdiri dari dua digit. Bagian ketiga adalah kode judul, yang terdiri dari lima digit. Bagian keempat adalah kode edisi, yang terdiri dari satu digit. Bagian kelima adalah kode pengecekan, yang terdiri dari satu digit.

ISBN merupakan hal yang penting bagi dunia literasi. ISBN membantu memudahkan perpustakaan untuk menemukan dan memproses buku-buku yang ada. 

ISBN juga membantu pedagang buku untuk mengetahui ketersediaan buku dan harganya. ISBN juga membantu penulis dan penerbit untuk mempromosikan buku-buku mereka.

ISBN dapat menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan kualitas literasi. Hal ini karena ISBN memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

1. Meningkatkan aksesibilitas buku

ISBN memudahkan masyarakat untuk menemukan dan mengakses buku-buku yang mereka butuhkan. Hal ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membaca buku.

2. Meningkatkan kualitas buku

ISBN dapat menjadi alat untuk mengukur kualitas buku. Buku yang memiliki ISBN cenderung memiliki kualitas yang lebih baik, karena buku tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Internasional ISBN.

3. Meningkatkan promosi buku

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun