Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Pentingnya Revisi UU ASN

27 September 2023   20:05 Diperbarui: 27 September 2023   20:09 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. ASN berperan sebagai pelayan publik yang bertugas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan ASN yang berkualitas dan profesional untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Pemerintah sedang menggodok revisi UU ASN yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Revisi UU ASN ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme ASN, serta memperkuat peran ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ada beberapa poin penting yang dilakukan perubahan dalam revisi UU ASN, antara lain:

Penegasan bahwa ASN adalah profesi

Dalam revisi UU ASN, ASN ditegaskan sebagai profesi. Hal ini berarti ASN memiliki standar kompetensi dan kualifikasi yang harus dipenuhi. Dengan demikian, ASN akan lebih profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Penerapan sistem meritokrasi

Revisi UU ASN juga menerapkan sistem meritokrasi dalam pengangkatan, mutasi, dan promosi ASN. Sistem meritokrasi adalah sistem yang mengutamakan keahlian, kompetensi, dan kinerja dalam penentuan jabatan. Dengan demikian, ASN yang berkualitas akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkarir di pemerintahan.

Peningkatan kesejahteraan ASN

Revisi UU ASN juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ASN. Hal ini dilakukan dengan memberikan gaji dan tunjangan yang memadai, serta meningkatkan fasilitas dan sarana prasarana kerja. Dengan demikian, ASN akan lebih termotivasi untuk bekerja dengan baik.

Perubahan-perubahan dalam revisi UU ASN ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme ASN. Dengan ASN yang berkualitas dan profesional, diharapkan penyelenggaraan pemerintahan akan menjadi lebih baik dan lebih melayani masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun