Pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-82, Penulis mendapatkan kesempatan untuk melakukan program kerja di SD Negeri 6 Air Kumbang. Melalui pengalaman peserta didik menggunakan media visual untuk mata pelajaran IPAS kelas IV
Pendidikan sekolah dasar (SD) merupakan jenjang dasar bagi peserta didik dalam menempuh pendidikan. Pendidikan di sekolah dasar mempunyai kontribusi dalam membangun dasar pengetahuan siswa untuk digunakan pada pendidikan selanjutnya, oleh karena itu pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar harus berjalan optimal (Aka, 2016). Upaya yang dapat dilakukan oleh guru harus sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yaitu mampu membuat pembelajaran lebih kreatif, asyik, dan menyenangkan sehingga dalam pembelajaran peserta didik tidak akan mudah mengantuk, bosan dengan pembelajaran, tetapi mereka akan lebih senang mengikuti pembelajaran dan berperan aktif karena guru menggunakan media pembelajaran (Oktavia, 2023)
Media pembelajaran yang akan dipakai dalam penelitian ini yakni media visual berupa media gambar. Media gambar adalah media yang sederhana dua dimensi pada bidang yang tidak transparan dan dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk melalui kombinasi pengungkapan kata-kata dengan gambar-gambar (Suparman, Prawiyogi, & Susanti, 2020: 252). Menggunakan media gambar merupakan strategi yang sesuai dengan pembelajaran IPA. Dimana dengan media gambar mengajak peserta didik untuk mengamati kejadian-kejadian yang berkaitan dengan alam melalui gambar. Penerapan media gambar dapat menarik perhatian peserta didik mampu menjelaskan ide atau pendapat, bisa menciptakan peserta didik bersemangat dan semangat dalam belajar. Peserta didik lebih antusias dalam persiapan mengikuti pembelajaran, merespon atau mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami, dan peserta didik lebih aktif pada pembelajaran (Aen & Kuswendi, 2020: 102)
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi peserta didik menggunakan media visual berupa gambar pada pelajaran IPAS
Penelitian ini dilakukan di lembaga pendidikan yaitu Sekolah Dasar (SD) dan peserta didik yang terlibat dalam program ini sebanyak 32 peserta didik kelas IV. Dalam program ini dilakukan di SD Negeri Air Kumbang dengan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan serta dapat meningkatkan proses pembelajaran sekolah dasar. Melalui sebuah pengalaman peserta didik menggunakan media visual untuk mata pelajaran IPAS agar peserta didik lebih aktif dan kreatif dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.
Hasil dari pengalaman belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran visual mendapatkan respon yang positif dimana dengan menggunakan media gambar dapat mengajak peserta didik untuk mengamati hal baru yang berkaitan dengan alam melalui gambar. Pengalaman belajar menggunakan media gambar menarik perhatian peserta didik sehingga mampu menjelaskan ide dan pendapat mereka, serta menciptakan suasana kelas yang baru dan menyenangkan dalam belajar IPAS. Ini juga di dukung dari hasil wawancara peserta didik dimana mereka jadi lebih antusias dalam persiapan mengikuti pembelajaran, merespon atau mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami, dan peserta didik lebih aktif pada pembelajaran
Hal ini tentunya dapat memberikan pengalaman yang akan memotivasi peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Air Kumbang dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih mudah. Dengan demikian, tumbuhnya motivasi pada peserta didik memungkinkan pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien. Selain itu, pengaruh yang ditimbulkan oleh media visual dapat menjadi faktor dalam mencapai tujuan pembelajaran
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI