Mohon tunggu...
liza agustine
liza agustine Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

FKIP PPKn Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih

Untuk Pertama Kali Mengikuti Pemilihan Umum (Pilpres) 2019

27 Oktober 2020   21:33 Diperbarui: 27 Oktober 2020   21:42 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis: Liza Agustine
Mahasiswa Semester V
Dosen Pengampu : Amelia Haryanti, S.H,.M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Universitas Pamulang

UNTUK PERTAMA KALI MENGIKUTI PEMILIHAN UMUM(PILPRES) 2019

Sebelum saya berbagi pengalaman saya mengenai Pemilu(pilpres) pertama saya akan  menjelaskan kapan pemilu pertama kali ada di dilaksanakan di Indonesia?" Pemilihan Umum atau bisa disebut dengan PEMILU pertama dilaksanakan di Negara kita ini tahun 1955.

Berawal pemilihan umum dilaksanakan ditahun 1955, selanjutnya pemilihan umum tersebut dilaksanakan di tahun 2013, Ditahun 2013 pemilihan umum tersebut dilakukan secara bersamaan.

Sarana politik untuk mewujudkan kehendak rakyat kepada Negara dalam sistem Demokrasi pancasila yang diartikan sebagai Pemilu(pemilihan umum). Pemilihan Umum itu dilakukan secara umum yang artinya adil, jujur, rahasia. Yang dipilih oleh wakil-wakil rakyat dalam Negara kita yang Demokrasi. 

Rakyat sebagai pemegang kedaulatan berhak memberikan suara atau warna dan bentuk pemerintahan serta tujuan yang hendak dicapai sesuai dengan konstitusi yang berlaku. Karena suara terbanyak ialah dari rakyat yang dimana rakyat tersebut memilih.

Tapi disini saya akan memberikan pengalaman saya waktu pertama kali ikut berpartisipasi Pemilihan Umum(pilpres) pada tahun 2019 bertepatan pada hari Rabu, 17 April 2019 pertama kali saya ikut pilpres ketika usia saya genap 19 tahun  pemilihan Presiden(Pilpres).

Sebelum umur 19 tahun  juga saya sudah pernah mengikuti Pemilihan Umum tetapi bukan Pemilihan Umum (Pilpres). Suatu pengalaman terbaru untuk saya karena bisa mengikuti pilpres yang pertama kali rasa senang itu sudah pasti karena baru pertama kalinya ikut memberikan hak suara, dan memilih CAPRES-CAWAPRES dengan pilihan sendiri rasanya senang karena bisa memberikan hak suara sendiri  dan tidak  golput mengikuti kemauan dari hati nurani sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain untuk mengikuti pemilihan pilpres ini.

Kemudian saya datang ke TPS pada waktu masih terbilang pagi sekitar jam 07:30 tetapi karena saya kerja pada saat itu tidak libur hanya dikasih waktu sebentar untuk menyoblos,  akhirnya saya mencoblos diwaktu yang masih terbilang  pagi, karena takut ngantrinya lebih lama akhirnya saya memutuskan datang lebih awal. 

Saat saya sampai di TPS ternyata waraga sudah banyak juga yang datang dan mengantri untuk melakukan pencoblosan, Saya cukup salut sekali ternyata banyak warga disekitar yang datang untuk melakukan pemilihan umum tersebut dengan menggunakan hak  pilihnya secara baik, benar tanpa adanya ikut-ikutan tetapi karena didasari dari hati nurani itu sendiri.

Sebelum memilih untuk menentukan pilihan kita dikasih surat yang dimana surat tersebut digunakan untuk mencoblos pilihan kita tetapi kita jangan sampai menerima surat tersebut apabila suratnyta sudah terbuka dan rusak kita harus terima surat itu dalam kondisi yang masih rapih kita sebagai warga yang baik dan benar harus bisa lebih selektif lagi dalam menerima surat tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun