Mohon tunggu...
Little Salsa
Little Salsa Mohon Tunggu... -

Just wanna share.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemimpin...

19 Januari 2012   03:38 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:42 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sekitar satu tahun saya telah meninggalkan kegiatan menulis. Rasanya otak ini terhenti karena kurang mendapatkan tantangan dari kebiasaan yang sempat saya tinggalkan ini. Mulai hari ini, saya akan mencoba kembali menulis.

Hari ini saya belajar tentang kepemimpinan. Sifat kepemimpinan yang seharusnya dimiliki oleh seseorang yang ingin disebut sebagai "Pemimpin yang Baik". Sengaja saya menuliskan hal ini karena pagi ini saya merasakan, benar-benar merasakan, bagaimana mendapati seorang pemimpin yang sifat kepemimpinannya patut untuk diperbaiki kembali jika tidak ingin anak buahnya "stress"!

Saya tersadar akan pentingnya bersikap tenang dalam situasi segenting apapun.  Sikap tenang adalah salah satu bentuk tanggungjawab seorang pemimpin untuk menghadapi setiap permasalahan. Karena menurut saya, dengan bersikap tenang, seseorang akan lebih mampu mengendalikan emosi, berpikir jernih dan memberikan keputusan atau arahan yang masuk akal. Dampaknya, para anak buah yang dipimpin akan lebih mudah memahami situasi, otomatis mereka akan bekerja lebih teliti dan cermat. Hasilnya, segala situasi dapat dikendalikan.

Memang tidak mudah untuk mengendalikan diri, bersikap tenang dalam keadaan genting. Tidak mudah bukan berarti tidak dapat dilakukan. Saya yakin, dengan kesungguhan untuk menjadikan diri sebagai  pribadi yang lebih baik, kemungkinan untuk menjadi pemimpin yang baik dapat terwujud.

Sebagian orang pasti berpikir, mudah saja bagi saya untuk mengkritisi perilaku seorang pemimpin, karena saat ini saya tidak berada pada posisi sebagai pimpinan di instansi saya. hehe... Saya tidak akan menyalahkan pemikiran seperti itu. Tapi sebagai manusia, saya memiliki keyakinan bahwa saya adalah seorang pemimpin. Pemimpin untuk diri saya sendiri, begitu juga dengan anda semuanya.

Pelajaran hari ini tidak hanya sebagai kritik terhadap para pemimpin, tetapi sekaligus menjadi kritik terhadap diri saya sendiri. Sudahkan saya menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang memiliki sikap tenang dalam memimpin diri sendiri. Pemimpin yang mampu memberikan solusi yang tepat.  Pemimpin yang mampu memberikan arahan yang tepat terhadap apa yang dipimpin. Dan pemimpin yang mampu menghargai setiap proses kerja yang telah diupayakan oleh setiap apapun yang dipimpin.

Sekecil apapun hal yang telah dilakukan oleh diri kita ataupun orang lain terhadap diri kira perlu mendapatkan pengahargaan. Karena menurut saya, penghargaan adalah cara terbaik untuk memacu diri sendiri dan orang lain agar lebih baik lagi dan lebih berprestasi.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat bertugas. Selamat memimpin!! =)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun