Mohon tunggu...
Maezatul listiani
Maezatul listiani Mohon Tunggu... Lainnya - Titi

Lombok📍 Uin malang Pendidikan islam anak usia dini

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia 0-12 bulan

16 Maret 2021   23:13 Diperbarui: 16 Maret 2021   23:24 100 4 0 Mohon Tunggu...

Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Tidak dapat dipungkiri penggunaan bahasa sangatlah penting untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari hari. 

  Seperti saat dodo menginginkan sesuatu mainan kepada ibunya, haruslah diutarakan entah itu dengan berbicara secara langsung atau melalui tulisan  yang berisi dodo yang meminta mainan. Tanpa dilakukan dengan 2 cara tersebut pasti ibunya dodo tidak mengerti apa yang diinginkan dodo. Untuk itu mengapa bahasa itu sangat penting.

Dalam dunia pendidikan, pembagian bahasa ada 2 diantaranya bahasa reseptif dan juga ekspresif, namun kali ini pembahasannya hanya bahasa ekspresif

Yuk..berkenalan dengan bahasa ekspresif

Bahasa ekspresi merupakan suatu kemampuan anak dalam mengutarakan apa yang ada difikirannya dan juga perasaannya melalui bahasa atau dapat dikomunikasikan.

Pada anak usia 0-12 bulan tentunya menggunaan bahasa ekspresif yang berbeda-beda. Seiring bertambahnya umur anak maka perkembangan bahasa ekspresifnya juga meningkat.

Nah bahasa ekspresif ini mempunyai point penting nih apa yaa...?

1. Kata

Tentunya dalam mengutarakan sesuatu yang ingin disampaikan diperlukan sebuah kata yang memuat hal yang ingin di sampaikan tersebut, baik dengan suara atau verbal dan ditulis, berupa non verbal.

Melihat bayi usia 0-12 bulan belum mampu mengekspresikan perasaannya dengan mengatakannya langsung dan juga tidak secara langsung, maka bayi pada usia tersebut hanya mampu mengekspresikan perasaannya melalui sebuah tangisan.

2. Tanda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN