Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Hobi Kok Koleksi Botol Kecap?

5 Mei 2021   21:22 Diperbarui: 5 Mei 2021   21:27 475 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hobi Kok Koleksi Botol Kecap?
ilustrasi | https://news.detik.com/

Kalau kolektor perangko disebut dengan filatelis, kolektor ini disebut apa?

Sampai hari ini saya masih bertanya-tanya karena belum menemukan. Atau memang belum akan menemukan karena  kolektor yang satu ini sangatlah jarang. Setahu saya, nama-nama yang pernah muncul terkait kolektor barang ini juga bisa dihitung jari. Pengoleksi botol kecap.

Eits, di sini bukan kecap sembarang kecap, melainkan si kecap manis yang menjadi khas Indonesia. Oya, hobi kok koleksi botol kecap, ya? 

Sebagai Pencinta Kecap

Suatu hari seseorang pernah mengirimkan saya video tentang pengumpul botol kecap yang ternyata adalah seorang yang terkenal dengan jargon "maknyus"nya. Benar, beliau adalah almarhum Bondan Winarno. (video di sini)

Mengetahui hal tersebut, saya sebagai salah satu pencinta kecap jadi benar-benar merasa sangat minim tentang dunia perkecapan. Jujur saya kaget sewaktu saya tahu bahwa almarhum Pak Bondan juga pernah menuliskan sebuah buku berjudul "Kecap Manis: Indonesia's National Condiment". 

Akan tetapi ada pula senangnya karena soal kecap ternyata sampai ada buku ekslusif. Ya, meski saya juga belum pernah memegang bukunya apalagi membacanya, sih. hehe.

Saya tetap bangga, hidup kecap!

Para Kolektor Botol Kecap

Ternyata dalam dunia kecap ada juga yang semencintai itu dan saya belum ada apa-apanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x