Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health dan Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

"Tarik Sis, Semongko!" dan Semangka

13 Oktober 2020   21:18 Diperbarui: 13 Oktober 2020   21:24 253 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Tarik Sis, Semongko!" dan Semangka
ilustrasi | unsplash.com

Setelah odading Mang Oleh membuat "kegaduhan", kini giliran dari kelompok buah-buahan yang sedang hangat dibicarakan. Semangka.

Memang bukan pertama kalinya, buah berwarna merah yang menyegarkan ini jadi perbincangan. Karena cerita-cerita sebelumnya, semangka juga sering dikaitkan untuk memberi semangat. Semangka: Semangat kakak!

Gara-gara lagu berjudul Bunga karya Thomas Arya yang dinyanyikan Anggun Pramudita. Kiprah semangka menjadi hits kembali, namun dengan pelafalan bahasa jawa, semongko.

Lagu yang hari ini masih menduduki trending youtube dengan perolehan ditonton lebih dari 8,6juta kali. Sudah menonton?

"Tarik Sis, Semongko"

Begitu kata yang terlontar dari mas-mas di atas panggung, sepertinya pemandu acara.

Sebelumnya saya juga kurang paham apa maksud dari kata-kata tersebut. Hingga secara tidak sengaja saya mendapat rekomendasi dari platform tanya jawab, yang rupanya menjadikan pertanyaan tersebut menjadi salah satu pertanyaan teratas. Dari situ saya mulai mencoba paham.

Kata "tarik" bisa dihubungkan untuk memberi aba-aba biduan. Sedang "Sis" mungkin diambil dari "sister" untuk menyebut saudara perempuan. HAHA, mungkin lho ya.

Semongko kali ini dapat diartikan beberapa hal. Semongko yang bisa menjadi kepanjangan "semangat sampai bongko" atau semangat sampai mati atau bisa juga dengan "semangat meski mong (Cuma) dianggap konco (teman)." Doooor!

Jadilah gabungan ketiga kata tersebut dapat dimaksudkan sebagai cara menyemangati penyanyi -dan penontonnya. Kata-kata yang akhirnya memang bagai mantra yang menyulap suasana makin meriah.

Lagi pula kalau disambung-sambungkan, membayangkan memakan buah semangka disaat sedang panas-panasnya seperti saat menonton konser dangdut rasanya nyambung juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x