Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi yang sedang Melanjutkan Studi

❤ Student at Postgraduate Program of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤ "Kalau tidak membaca, bisa menulis apa" ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

GERMAS, Sebuah Upaya Gotong Royong Menekan Penyakit Zaman Now

16 Juli 2019   12:22 Diperbarui: 16 Juli 2019   12:24 0 3 0 Mohon Tunggu...
GERMAS, Sebuah Upaya Gotong Royong Menekan Penyakit Zaman Now
Ilustrasi

Kalau kamu tidak percaya "sehat itu mahal", cobalah tanya pada mereka yang sedang diberi ujian sebuah sakit.

Siapa yang tidak ingin menjadi sehat walafiat? Tidak hanya diri kita, secara naluri kita pasti ingin orang terdekat di sekitar kita pun baik-baik saja bukan? 

Setidaknya itulah yang sering kita doakan dengan lantang di hari spesial seseorang. Seperti kepada orangtua, kakak, adik, teman atau yang hanya gebetan? Keinginan berwujud doa dalam bait lagu yang sudah kita hafal benar dan sering nyanyikan.

Begini : "..selamat ulang tahun kami ucapkan, selamat panjang umur kita kan doakan, selamat sejahtera SEHAT sentosa, selamat panjang umur dan bahagia" #siapayangbacasambilnyanyi

Ya. Nyatanya diberi kesehatan adalah salah satu pemberian Tuhan yang tidak ternilai harganya. Yang pantas jika kita semogakan tidak hanya untuk diri kita pun juga semua orang yang kita harap bisa terus bersama. Sebab percuma jika semua kita miliki seperti harta benda, namun kesehatan kita ternyata tidak baik-baik saja,kan?

Sudah berdoa, urusan tidak lalu selesai. Percuma jika hanya doa tetapi banyak gaya hidup tidak sehat masih kita lakukan baik secara sadar atau pura-pura tidak sadar. Untuk itulah tugas kita selain berdoa adalah perlu mengupayakan kesehatan yang diberi Tuhan dengan menjaga diri dari segala hal yang merugikan: Pola hidup sehat.

Meneropong Penyakit Zaman Now

Waktu yang terus berjalan pasti akan diikuti dengan perubahan zaman, pun penyakit yang hari ini kita sama-sama lawan.

Sebelum membahas bagaimana upaya yang harus kita lakukan. Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas apa saja penyakit yang bisa merenggut kesehatan kita di zaman now.

Di era 1990-an, penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan kita adalah penyakit menular seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), tuberkulosis dan diare. Hingga di tahun 2000-an, penyakit yang diderita masyarakat sudah jadi banyak berganti seperti stroke, penyakit jantung coroner (PJK), kanker dan diabetes.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KONTEN MENARIK LAINNYA
x