Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Yang Berat Bukan Cuma Rindu, tapi Sahur di Perantauan!

18 Mei 2018   22:47 Diperbarui: 18 Mei 2018   23:19 1265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi | www.kabarmakkah.com

Kalau Dilan sudah lulus sekolah dan melanjutkan kuliah di luar daerah. Mungkin dia juga akan mengatakan yang berat bukan cuma rindu Milea, tetapi ketika harus sahur diperantauan -tertanda anak kosan

Suka duka Puasa jauh dari orang tua

Anak kos memang punya sejuta cerita. Seperti halnya merasakan momen ketika harus berpuasa dan jauh dari orang tua. Sebab diwaktu ini akan banyak  perubahan yang begitu menyesakan kalau dirasa-rasa, seperti yang biasanya sahur ada yang membangunkan,jadi harus bangun sendiri bagaimanapun caranya ; yang biasanya bangun sahur sudah disediakan, harus cari cara bagaimana mendapatkan makan entah membeli atau memasaknya; yang tadinya tidak perlu khawatir memikirkan buka puasa dengan apa, mau tak mau jadi harus cari demi mempertahakan kehidupannya, eh mencari sendiri maksudnya. HAHA.

Pun yang saya rasakan juga terlebih pada masa-masa awal menjadi anak perantauan, anak kosan gitu.

Sekitar enam tahun yang lalu adalah awal dimana saya resmi disebut anak kosan. Anak kosan yang  belum tahu banyak soal hidup sendiri terlebih ketika harus menemui puasa di kota yang baru dan belum pandai beradaptasi. Nampaknya saya benar-benar masih wagu (lebih ke polos banget sih). Untunglah, fase-fase wagu-nya menghadapi puasa sendiri bukan cuma jadi urusan saya sendiri, tetapi kebanyakan juga terjadi pada mereka yang juga baru pertama kali. #caritemenbiarnggakngenes

Ketika sahur mendekatkan kami jadi keluarga

Saya ingat sekali diantara penghuni kosan waktu itu saya adalah orang yang paling susah dibangunkan. Kebo. Waktu tidur saya yang suka hampir melewati tengah malam barangkali jadi penyebabnya. Ya, dulu (sampai sekarang juga sih) saya sudah sering begadang atau kalau bukan begadang bisa juga ngepas ada kegiatan di luar yang mengharuskan saya baru pulang malam.

Mengingat kondisi tersebut,  jika bulan puasa tiba maka saya tidak pernah lupa untuk meminta dibangunkan bagaimanapun caranya.Apalagi letak kamar saya yang tersendiri,di pojokkan lagi.

Emang nggak pakai alarm?

Nggak ngefek. Saya juga menggunakan alarm, tetapi apa daya. Ternyata cara paling ampuh membangunkan saya bukan dengan bunyi-bunyian, melainkan dipegang! HAHA. Oleh sebab itu jugalah, di bulan puasa biasanya saya tidak mengunci kamar saya dari dalam agar teman-teman kos bisa leluasa membangunkan saya dengan cara mereka. Yang saya ingat, ada momen dimana katanya saya sempat diseret di tempat tidur tapi tidak terbangun juga. #eh

Sahur menjadikan kami menjadi kompak seperti keluarga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun