Mohon tunggu...
lisma
lisma Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ketika Etnografi Terungkap

9 April 2016   23:12 Diperbarui: 9 April 2016   23:40 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

bisa saya mulai.

oke disini saya tidak akan curhat masalah cinta atau apalah itu disini saya akan bercerita tentang apa yang terjadi dipertemuan minggu lalu, yah ini persentase dari kelompok dua kalau nda salah mereka membahas mengenai etnografi. mungkin sebagian pembaca merasa asing dengan kata ini bukan? yah maklumlah karna ini baru saja saya dengar juga hahaha

banyak pembahasan yang dibahas mulai dari ini itu dan seterusnya yang bersangkutan mengenai etnografi, disini saya tidak akan bercerita sebagai pakar atau ahli dari etnografi itu sendiri melaikan saya disini sebagi orang yang menjadi penikmat atu pembaca dari etnografi ini sendiri, sedikit saran dari saya jangan berfikir buruk dulu tentang pembahasan ini karna saya belum memulainya okey.

etnografi. berasal dari kata asing sih tapi ada maksud dan makna tersendiri di dalamnya.Etnografi berasal dari kata ethos, yaitu bangsa atau suku bangsa dan graphein yaitu tulisan atau uraian. dan dapat di hasilkan atau di simpilkan bahwa Etnografi adalah kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, misalnya tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Bidang kajian vang sangat berdekatan dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan tentang kebudayaan dari berbagai masyarakat atau kelompok.

kita singkat pembahasan agar kalian tidak terlalu jenuh membaca langsung keintinya lagi.pada persentase kelompok 2 kemarin mereka banyak membahas materi tapi ada materi yang begitu menbuat saya tertarik untuk mebacanya berulang-ulang kali yaitu Asal Mula dan Sejarah Bangsa. bicara mengenai asal mu pasti kita terpaku pada titik awal di mulainya ya kan. na makanya saya sangat tertarik dengan pembahasan yang satu ini. mau tau nih saya jelaskan,

Asal Mula dan Sejarah Suku Bangsa

sebuah etnografi ada baiknya juga dilengkapi dengan keterangan mengenai asal mula dan sejarah suku bangsa yang menjdi pokok deskripsinya. dalam usaha ini seorang ahli antropologi perluh bantuan dari para ahli sejarah atau ahli-ahli bantu pada ilmu sejarah lainnya,keterangan mengenai asal mula suku bangsa yang bersangkutan biasanya harus dicari dengan mempergunakan tulisan parah ahli prehistori yang pernah melakukan pengalian dan analisis benda-benda kebudayaan prhistori yang mereka teukan di daerah sekitar lokasi penelitian antripologi tadi.

dalam mitologi suatu suku bangsa biasanya terdapat dongeng-dongeng suci mengenai pencipta alam, pencipta dan penyebaran manusia oleh dewa dalam religi asli,suku bangsa bersangkutan. pasti kalian tau dongengkan itu loh cerita pikisi atau pengantar tidur hehehe. lanjut dongeng-dongeng seperti itu biasanya penuh peristiwa keajaiban yang jauh dari fakta sejarah.clear

okey sampai disini ada pertanyaan haha?hanya ini yang bisa saya bahas karna hanya sedikit yang saya tau dan pahami mengenai asal mula dan sejarah suku bangsa.jangan kecewa dan jangan bosan untuk baca artikel atau tulisan saya yang berikutnya karna tiada kesan atau komen tanpa pembaca. ini dari saya dan selamat menyimak tulisannya

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun