Mohon tunggu...
Non Lisa
Non Lisa Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Loving mom

I love myself

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Tips Saya dalam Menanamkan Minat Membaca kepada Anak

20 Oktober 2022   21:01 Diperbarui: 20 Oktober 2022   21:03 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tips  Saya Dalam Menanamkan Minat Membaca Kepada Anak

"Mami tau ngak? Ini tanaman beracun? Mami tau nga? Lapisan kulit kita ada apa saja?  Mami tau nga ? Di keluarga super irit, mereka makan nasi cuma pakai garam .Terus mereka menanam tauge sendiri loh!" Dengan iseng saya menggoda anakku, "Bagaimana kalau kita praktekin juga."No!",jawabnya lantang.

Terus si Ade melanjutkan, "Kalau Mami mau pergi sama teman, Mami nebeng mobil teman saja, biar bisa irit bensin." Lanjutnya lagi, "Kalau mau pipis atau BAB (buang air besar)  ke minimarket sebelah saja biar irit air."  Hah? Tentu saja saya geleng-geleng kepala.

Di lain waktu saat si sulung mau pinjam duit sama saya, si Ade bisa langsung celetuk, "Kak, kalau mau pinjam duit, Kakak harus buat surat perjanjian dulu, pakai  materai dan harus ada saksi kalau Kakak  meminjam uang sejumlah segitu dari mami. Tulis kapan mau dikembalikan dan kalau lewat waktu, kakak harus bayar denda."

Kembali saya terkaget-kaget mengingat usia Ade yang masih kecil. Pikiran saya langsung terhubung dengan buku-buku yang sedang dibaca si Ade.

keterangan : pic by me

Pertanyaannya adalah dari sekian banyak buku di Gramedia, mengapa Ade memilih buku-buku ini? Mungkin ada ambisi terpendam dari Ade buat menjadi orang kaya ya. Eh...

Tips sederhana  saya menanamkan minat membaca ke anak-anak saya adalah setiap berkunjung ke mall apa saja, kami pasti akan mampir ke  toko buku terutama Gramedia. Sebab bagi kami, buku adalah jendela dunia.

Saya membebaskan anak-anak buat memilih buku bacaan apapun yang ingin mereka baca dan tentu sesuai usia mereka.

Akan sia-sia kalau saya yang pilihkan, mereka belum tentu ingin membacanya. Saya membolehkan anak saya memilih satu buku yang ingin dibacanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun