Mohon tunggu...
LISA
LISA Mohon Tunggu... Guru - Bunda dan Guru SD

Nama yang singkat dan mudah diingat, LISA. Lahir di Pulau Laskar Pelangi (Pulau Belitong) dan sekarang menetap di Kabupaten Bangka Kep. Bangka Belitung. Seorang istri dan bunda dari 2 putri. Seorang guru kelas yang bertugas di UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat. Bergabung dalam komunitas penggiat literasi, Komunitas Guru Pelita Dunia dan terus belajar menulis artikel di blog pribadi dan Kompasiana. Email : lisasya2501@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Perdana, Peringati HGN di MB

25 November 2022   21:38 Diperbarui: 25 November 2022   21:49 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Momen perdana saya peringati HGN di MB (Doc. Pribadi)

Jum'at pagi, 25 November 2022 disambut dengan gerimis di Kecamatan Mendo Barat. Tepatnya di SMA Negeri 1 Mendo Barat yang berada di "jantung" kecamatan, Desa Petaling. Hari ini semua guru dan pemangku pendidikan se-Kecamatan Mendo Barat mengadakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November setiap tahunnya.

Hadir juga tokoh masyarakat, tokoh agama, dan aparat pemerintah di lingkungan Kecamatan Mendo Barat. Perasaan haru menyelimuti hati mengingat ini adalah momen pertama mengikuti upacara bendera pada perayaan Hari Guru Nasional di Kecamatan Mendo Barat.

Bertindak sebagai pembina upacara Bapak Hadi Sukamta, S.Pd. Beliau adalah pengawas Korcam dan juga pengawas sekolah di satuan pendidikan tempat saya mengabdikan diri di Dusun Air Pelempang Desa Air Buluh, UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat (biasa kami sebut 33 MB). Selaku pembina upacara bendera hari ini, Bapak Hadi Sukamta, S.Pd membacakan naskah pidato Menteri Kemdikbudristek, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Acara lainnya pada puncak peringatan Hari Guru Nasional adalah pemberian cenderamata kepada guru-guru yang telah memasuki purnabakti. Hadir juga diantaranya Bapak Teguh Supriadi, S.Pd, Bapak Tri Gunawan, S.Pd, dan Bapak Gandung Suwardi, A.Md yang bulan Oktober lalu di Gugus IV Prasasti Kotakapur telah memasuki masa purnabakti. (link artikel "Purnabakti di Gugus IV" tersedia di: sini)

Penampilan murid-murid dari seni tari SMA Negeri 1 Mendo Barat membuat suasana menjadi lebih hangat. Puluhan murid menari tarian daerah termasuk tarian dari Bangka Belitung. Saya pun terkesima ketika melihat para murid menari di lapangan upacara. Selang tarian para murid, dilakukan pemberian trofi berupa piala kepada pemenang lomba peringatan HUT Ke-77 PGRI dan HGN tahun 2022. 

Adapun rangkaian perlombaan telah dilaksanakan mulai bulan Oktober lalu, yaitu volly putra/putri, futsal, paduan suara (padus), SKJ, masak masakan khas Bangka (lempah kuning), dan menulis artikel. Saya pun dipercaya oleh Gugus IV Prasasti Kotakapur menjadi bagian dari perlombaan ini, yaitu menulis artikel non penelitian.

Tim Gugus IV Prasasti Kotakapur (Doc. Pribadi)
Tim Gugus IV Prasasti Kotakapur (Doc. Pribadi)

Artikel dengan judul "Esensi Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi" membawa Gugus IV Prasasti Kotakapur menjadi Juara 1 dalam lomba menulis artikel non penelitian HUT Ke-77 PGRI Kecamatan Mendo Barat. Artikel yang konten (materi) terinspirasi ketika saya mengajar anak-anak hebat 33 MB khususnya Kelas III. Gugus IV Prasasti Kotakapur juga membawa 3 trofi lainnya dari juara 1 lomba futsal, juara 2 volly putra, dan juara 2 paduan suara.

Satu hal yang saya dapatkan dan menginspirasi dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 ini adalah kekompakkan setiap gugus dalam perlombaan yang diadakan. Para guru berkolaborasi dalam tim dan mengusung semangat sportifitas dalam setiap perlombaan yang diadakan. 

Saya percaya, nilai ini tidaklah instan, namun telah menjadi bagian dari budaya positif yang kental di Kecamatan Mendo Barat. Saya pun merasa senang menjadi bagian dari keluarga baru di Kecamatan Mendo Barat terutama pada Gugus IV Prasasti Kotakapur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun