Mohon tunggu...
Lisa Novita Sari
Lisa Novita Sari Mohon Tunggu... Penulis - Freelancer

Suka bercerita

Selanjutnya

Tutup

Diary

Zero Expectations, Biar Tidak Kecewa Terus

22 Februari 2024   08:16 Diperbarui: 22 Februari 2024   08:24 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Setelah kemarin menggalaui diri saya sendiri karena sulitnya menjadi orang sabar, hari ini saya merenung lagi.

Bisa enggak sih jadi manusia dengan zero expectations? Alias 0 harapan. Nggak gampang berharap, jadi nggak gampang kecewa juga.

Ini karena saya tuh mudah sekali berharap, dalam hal sekecil apapun. Kemudian, saat suatu hal nggak berjalan seperti harapan saya, saya kecewa sendiri.

Bukan, ini bukan salah orang lain, tapi saya kecewa karena harapan yang saya khayalkan sendiri di dalam pikiran saya. Aduh, lebay, ya? Maaf, maaf.

Tapi....

Menurut saya, namanya manusia pasti tidak bisa lepas dari harapan atau angan-angan.

Dalam tiap peristiwa hidupnya, saya pikir pasti manusia punya rencana ideal menurut versinya, bagaimana harusnya sesuatu terjadi.

Tapi kalau kasusnya jadi sering kecewa macam saya, sepertinya itu sudah agak menjadi masalah.

Saya coba baca-baca tentang zero expectations ini, tentang bisa enggaknya menurunkan kadar angan-angan ini supaya saya enggak terlalu sensitif gitu, lho jadi orang.

1. Berekspektasi membuat rentan

Dari artikel di garyvaynerchuk.com yang saya baca, katanya ekspektasi atau harapan tuh bikin rentan. Rentan kecewa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun