Mohon tunggu...
Lisa Monica
Lisa Monica Mohon Tunggu... Mahasiswa

Make your own path

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Mahasiswa FKIP UHAMKA Membantu Neneng Kembali Nyaman Saat Belajar Daring

26 Januari 2021   22:45 Diperbarui: 27 Januari 2021   14:56 55 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa FKIP UHAMKA Membantu Neneng Kembali Nyaman Saat Belajar Daring
foto-pemberdayaan-neneng-601103a68ede4814494ea252.jpg

JAKARTA - Mahasiswa FKIP UHAMKA melakukan salah satu kegiatan yang menjadi fokus dakwah Muhammadiyah, yaitu pemberdayaan kaum Dhuafa. Mereka, termasuk kelompok saya, mencari target dengan melakukan survey ke beberapa wilayah di DKI Jakarta sampai Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menaikan perekonomian dan memberikan edukasi pada kaum Dhuafa yang sudah ditentukan.

Mereka adalah ladang amal bagi kita yang harus menguatkan dan memberdayakan mereka agar mempunyai kekuatan untuk mandiri. Di saat kita menolong mereka, pasti Allah akan melimpahkan pertolongan-Nya kepada kita, sebagaimana sabda Rasul berikut yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.:

“Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya” (HR. Muslim no. 2669). Wallahu ‘Alam.

Berlandaskan pada teologi Al-Maun memiliki yang beberapa prinsip. Pertama, Islam sebagai agama amal yang menjunjung tinggi perbuatan baik sebagai bagian dari iman. Kedua, Islam agama pembebasan yang mengangkat kaum lemah dari penindasan. Ketiga, Islam agama praksis, yakni aksi yang bersifat humanisasi dan emansipasi, lalu membawa orang lemah menjadi berdaya dan maju. Maka dari itu, kelompok kami memutuskan untuk membantu Neneng, seorang anak dari kaum Dhuafa yang pantas untuk dibantu.

Neneng yang masih duduk di kelas 5 Sekolah Dasar memiliki keterbatasan dalam kegiatan belajar dari rumah, dikarenakan tidak memiliki gawai. Sehari-harinya Ia harus bergantian saat menggunakan gawai dengan sang ayah yang berprofesi sebagai ojek online. Sang ayah tidak mampu untuk membeli gawai baru yang bisa digunakan Neneng untuk belajar daring karena pendapatannya yang tidak seberapa. Hal ini mengetuk pintu hati kelompok kami untuk membantu membelikan Neneng gawai baru dengan cara menggalang dana.

Kelompok saya menggalang dana dengan cara memasang iklan dan menyebarkannya di berbagai platform dan media sosial seperti Twitter, Whatsapp, dan Kitabisa.com. Kami bahkan menghampiri langsung para donator satu persatu dengan harapan masih ada orang baik yang mau berbagi rezeki dengan Neneng. Kegiatan ini berlangsung selama sekitar 3 bulan, dengan total dana terkumpul sejumlah Rp. 2.731.000.

Pada tanggal 23 Januari 2021, kelompok kami mendatangi kediaman Neneng yang bertempat tinggal di JL. Tambun Selatan, RT 04/08, Kel. Cakung, Kec. Cakung, Jakarta Utara. Kami datang membawa gawai baru dan perlengkapan serta peralatan sekolah untuk Neneng. Sisa dana yang didapat kami belanjakan sembako untuk keluarga mereka. Tidak melupakan tujuan awal kami yaitu pemberdayaan, kami memutuskan untuk membantu keluarga mereka dengan memberikan modal dagangan berupa barang. Hal ini dimaksudkan untuk membantu menaikan perekonomian mereka.

“Makasih banyak kak sudah membantu keluarga aku, sudah mencari donasi untuk keluarga aku, susah payahnya kakak semoga ada hikmah dibalik semuanya kak. Semoga rezeki kakak sama teman-temannya selalu dilancarkan, diberikan kesehatan, dann selalu dipanjangkan umur, berkat kakak (dan para donator) aku bisa sampe sini, dan neneng bisa belajar dari hasil usaha kakak dan teman-temannya. Makasih banyak ya kak atas bantuannya. Keluarga aku seneng saat dapet sumbangan begini, masih gak nyangka aja gitu hehe.” Ujar salah satu kakak Neneng, yang merasa senang dan bersyukur atas kegiatan ini.

Kelompok kami berharap bantuan yang sudah diberikan bermanfaat dan digunakan dengan semestinya bagi keluarga Neneng. Dengan terlaksananya kegiatan ini pula, semoga Neneng dapat melanjutkan kegiatan belajar dengan nyaman dan dapat meraih cita-citanya. Begitulah kira-kira yang dapat saya sampaikan. Terima kasih banyak pula kepada para donator yang telah berbagi rezeki dan membantu sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x