Mohon tunggu...
Retno Septyorini
Retno Septyorini Mohon Tunggu... Administrasi - Suka makan, sering jalan ^^

Content Creator // Spesialis Media IKKON BEKRAF 2017 // Bisa dijumpai di @retnoseptyorini dan www.retnoseptyorini.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Bersama Indonesian Food Blogger (IDFB), Masak dan Kulineran Jadi Tambah Seru

23 Agustus 2023   11:00 Diperbarui: 29 Agustus 2023   14:56 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodblogger Gathering Video Tutorial by IDFB (Diakses dari https://web.facebook.com/idfoodblogger/photos)

Setahun yang lalu, saya sering melihat Manda (salah satu kawan blogger saya) kerap membagikan keseruan kegiatan sebuah komunitas bernama Indonesian Food Blogger, yang kerap disingkat dengan sebutan IDFB.

Sesuai dengan namanya, komunitas ini kerap mengunggah cerita terkait khasanah kuliner nusantara. Karena punya hobi serupa, yakni kulineran juga, tertariklah saya untuk bergabung ke komunitas ini. Kebetulan saya dan Manda sama-sama berdomisili di Jogja.

“Siapa tahu jadi bisa nambah temen buat kulineran bareng”, batin saya siang itu.

Ternyata selain saling sharing tentang beragam kuliner Indonesia, WAG IDFB juga kerap membagikan tips dan trik perihal handling bahan makanan.

“Wah, menarik banget ini”, ucap saja saat scrolling obrolan di WAG IDFB. Soalnya selain hobi kulineran, saya juga senang memasak. Selain punya waktu yang cukup longgar, memasak menjadi salah satu upaya saya agar “tidak besar pasak dari pada tiang”.

Obrolan-Obrolan Seru di WAG IDFB

Sabtu, awal Agustus lalu misalnya. Mbak Ningsih, salah satu member grup IDFB sempat bertanya terkait cara handling kulit dimsum yang sudah kaku karena disimpan di kulkas biar lemas tapi tidak retak. Tak lama berselang, berbagai jawaban pun meluncur dari anggota IDFB lainnya.

Lebih dekat dengan IDFB (Diakses dari https://web.facebook.com/idfoodblogger/photos)
Lebih dekat dengan IDFB (Diakses dari https://web.facebook.com/idfoodblogger/photos)

Penasaran juga bagaimana pendapat kawan-kawan di WAG Komunitas IDFB? Berikut beberapa diantaranya. Siapa tahu ada diantara teman-teman sekalian ada yang membutuhkannya juga.

“Pas simpan, aku biasa pisahin per 10 lembar, gitu. Jadi pas mau dipakai bisa cepat dipisahin yang mau dipakai saja. Sisanya bisa disimpan lagi. Jadi yang dilumerin yang mau dipakai saja sehingga waktu tunggunya jadi tidak terlalu lama”, jawab Mbak Andriani. Salah satu member IDFB yang tipsnya langsung saya praktekin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun