Mohon tunggu...
Lintang Indarti
Lintang Indarti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

email :lintangindarti17@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Beragam Permasalahan di Masa Pandemi Covid-19

2 Agustus 2021   00:51 Diperbarui: 2 Agustus 2021   01:12 18 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beragam Permasalahan di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita tahu, saat ini Indonesia masih harus berperang melawan virus covid-19. Virus covid-19 adalah suatu wabah yang berasal dari Wuhan,China dan menyebar ke seluruh Negara. 

Salah satu negara yang terkena dampaknya yaitu Indonesia, oleh sebab itu, pemerintah dan masyarakat harus ikut serta berpartisipasi agar dapat mengembalikan keadaan sektor ekonomi, kesehatan dan lainnya kembali seperti semula. Karena sampai saat ini pandemi covid-19 masih sulit diatasi, yang dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak percaya akan adanya virus ini. 

Hal tersebut merupakan salah satu kendala bagi pemerintah dalam mengatasi masalah ini yang dikarenakan kurangnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Tentunya masyarakat dan pemerintah harus saling bekerja sama dalam menyelesaikan pandemi yang ada. 

Agar pemerintah juga tidak mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dimana akan melanggar kode etik yang dimana baik menurut pemerintah tetapi belum tentu baik untuk masyarakat.

Karena banyak masyarakat yang terkena dampak akibat adanya pandemi covid-19 ini, yang dimana banyak masyarakat yang harus kehilangan pekerjaanya. Hal tersebut sangat merugikan mereka yang terkena dampak dan hal tersebut tentu akan menambah jumlah kemiskinan yang ada. 

Maka dari itu, diharapkan kepada pemerintah agar mengambil langkah yang tepat supaya tidak merugikan pihak manapun. Dan dibutuhkannya peran masyarakat untuk ikut serta dalam memberantas pandemi covid-19 ini. Dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada, tidak keluar rumah apabila tidak penting, dan melakukan vaksinasi.

Oleh sebab itu, pemerintah juga sedang berusaha sebaik mungkin untuk meminimalisir penyebaran virus dengan cara memberikan Vaksin secara menyeluruh kepada masyarakat. 

Agar pandemi ini dapat cepat diatasi, namun masalah ini tidak akan selesai apabila masyarakat masih acuh terhadap protokol kesehatan yang ada. 

Banyak cara yang telah ditempuh oleh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 ini, namun masih saja banyak ditemukan pelanggaran yang ada dilapangan. Seperti halnya masih banyaknya masyarakat yang berkerumun sehingga menyebabkan timbulnya kluster baru. 

Hal tersebut sangat disayangkan mengingat usaha yang dilakukan pemerintah tidak akan membuahkan hasil, karena semuanya akan percuma apabila kurangnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Adapun berbagai fenomena lain yang muncul dimasa pandemi covid-19 ini, salah satunya yaitu dimana masih ada saja oknum-oknum yang memanfaatkan situasi dengan membagikan bantuan sosial yang mengatas namakan dirinya, yang dimana tindakan tersebut dinilai sangat tidak etis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x