Mohon tunggu...
Linda Yulianti
Linda Yulianti Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis lepas, resensator, novelis, mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Kajian Hukum Tata Negara Menuju Indonesia Berdaya Guna

20 September 2022   22:22 Diperbarui: 28 September 2022   21:53 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

IDENTITAS BUKU

JUDUL : HUKUM TATA NEGARA

PENULIS : Dr. H. Firman Freaddy Busroh., S.H., M. Hum., CTL. ; Dr. Hj. Fatria Khairo., STP., S.H., M.H., CTL. ; Dr. H. Darmadi Djufri., S.H., M.H., CMLC. ; H. Bambang Sugianto., S.H., M. Hum. ; Evi Oktarina., S.H., M.H. ; dan Andi Candra., S.H., M.H.

PENERBIT : Inara Publisher

TAHUN : 2022

ISBN : 978-623-5970-09-7

Hukum tata negara adalah hal yang paling penting untuk dimiliki setiap negara di dunia. Hukum tata negara penting sebab dengan hukum ini suasana ketatanegaraan, susunan pemerintahan, wewenang dan hubungan perlengkapan yang ada dalam suatu negara dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apabila hukum tata negara berjalan dengan baik, hak, hajat hidup rakyat dapat terpenuhi.

Kajian hukum tata negara meliputi segala sesuatu tentang organisasi negara, seperti struktur umum organisasi negara, lembaga-lembaga negara, hubungan lembaga-lembaga negara satu sama lain, kekuasaan negara, serta hak asasi manusia.

Buku berjudul Hukum Tata Negara dengan tebal 226 yang diterbitkan oleh Inara Publisher ini menjelaskan segala sesuatu tentang hukum tata negara ini. Di dalam buku ini juga dipaparkan tema-tema krusial terkait kajian hukum tata negara tersebut. Ada banyak sekali tema krusial yang mengitari diskursus hukum tata negara sehingga sampai saat ini belum ada kepastian terkait isu, fenomena, dan realita kenegaraan apa yang menjadi objek kajian hukum tata negara.

Pada bab-bab awal dalam buku ini dijelaskan tinjauan umum hukum, asas-asas dan sumber hukum tata negara. Pada pertengahan buku, bab-babnya mengulas perihal konstitusi, lembaga negara, bentuk dan sistim pemerintahan, sampai hak asasi manusia. Sementara pada bagian akhir buku, bab-bab yang dijelaskan perihal pemerintahan daerah, pemilihan umum, pemilihan umum daerah, dan tentang kewarganegaraan.

img20220920221204-63345ff1ce8cab5a0f44f412.jpg
img20220920221204-63345ff1ce8cab5a0f44f412.jpg
Melalui buku Hukum Tata Negara ini, pembaca diajak memahami pentingnya hukum tata negara, merefleksikan kehidupan ketatanegaraan Indonesia dengan tujuan menciptakan kehidupan sosial yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia serta memahami masalah-masalah pokok kenegaraan yang didefinisikan dalam UUD 1945 yakni pembentukan lembaga negara, pembentukan UUD dan GBHN, kepemimpinan nasional, fungsi legislatif, eksekutif, yudikatif dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan