Mohon tunggu...
Linda Yulianti
Linda Yulianti Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis lepas, resensator, novelis, mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menerapkan Perilaku Cinta Damai Melalui Olahraga dan Permainan Tradisional Papua

12 September 2022   23:35 Diperbarui: 13 September 2022   12:02 180 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IDENTITAS BUKU

JUDUL : Menjaga Identitas, Membangun Cinta Damai. Strategi dan model pendidikan karakter melalui permainan dan olahraga tradisional Papua.

PENULIS : Dr. Toni Kogoya, M. Pd ; Prof. Drs. Toho Cholik Mutohir, M.A., Ph. D ; Dr. Made Pramono, S.S., M. Hum

PENERBIT : MADANI Kelompok Intrans Publishing

TAHUN : 2022

ISBN : 978-602-0899-99-2

Cinta damai sekaligus menjaga kekayaan budaya yang ada adalah bagian dari tugas generasi muda dan para intelektual muda untuk sekuat tenaga menjaganya dan melestarikannya tanpa mengenal batasan waktu dari waktu ke waktu dan batasan ruang. Setiap generasi, baik di luar Papua maupun di Papua sendiri, harus dikenalkan dan diajarkan seperti apa budaya yang ada dan bagaimana cara menjaganya sehingga tetap lestari.

Dalam era digital seperti saat ini, kita memerlukan pembelajaran yang strategis untuk meningkatkan nilai nilai cinta damai melalui pendidikan formal dan nonformal dengan mengadopsi permainan tradisional dan modern, agar orang memahami zaman sekarang lebih maju dibandingkan zaman dahulu. 

Permainan tradisional memiliki makna filosofi yang paling dalam sehingga perlu dipadukan dengan permainan zaman sekarang yang akan memberi dua manfaat yang berbeda, namun dapat dimainkan dengan pemahaman yang mendalam untuk menampilkan nilai-nilai perdamaian dan persahabatan dalam menjaga persaudaraan.

Permainan olahraga tradisional sangat berarti bagi anak-anak, remaja, pemuda, bahkan sangat dinikmati oleh orang tua. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan ke zaman sekarang sehingga mampu menarik para generasi milenial abad 21 ini untuk menjaga dan melestarikan. 

Berbagai macam permainan olahraga tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Papua dan olahraga tradisional ini mampu menyatukan antara satu dengan yang lain. Permainan olahraga tradisional ini tentu memiliki teknik dan cara bermain tersendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan