Di Yogyakarta ada banyak masjid yang bisa Anda kunjungi untuk wisata religi salah satunya adalah Masjid Jogokariyan, dimana cukup fenomenal karena ketika bulan Ramadan tiba, Masjid Jogokariyan akan menyediakan sekitar 3.00 porsi makanan berbuka puasa bagi para jamaah yang hendak berbuka puasa di masjid tersebut.
Uniknya lagi, menu buka puasanya pun setara dengan menu masakan khas nusantara dengan kualitas premium. Tak heran jika Masjid Jogokariyan selalu ramai dikunjungi oleh para jamaah bahkan di luar bulan Ramadan sekalipun. Pengunjung yang berwisata religi ke Masjid Jogokariyan tidak hanya warga lokal Yogyakarta saja, namun warga di luar kota juga antusias berkunjung.
Selain menyediakan menu berbuka puasa dengan jumlah yang sangat banyak, ada beberapa fakta yang wajib Anda ketahui ketika berkunjung ke Masjid Jogokariyan, antara lain:
Saldo Infaq yang Selalu Berjumlah 0 Rupiah
Bukan tanpa sebab Masjid Jogokariyan selalu melaporkan saldo infaq yang diterima bernilai 0 rupiah. Rasanya mustahil juga tidak ada jamaah yang berinfak ke Masjid Jogokariyan.
Nyatanya, pengurus masjid selalu menghabiskan seluruh infaq yang diperoleh setiap harinya untuk membiayai program-program masjid. Tentu saja laporan pengeluaran Masjid Jogokariyan selalu transparan sehingga meskipun saldo 0 rupiah namun jelas digunakan untuk apa saja.
Rutin Menyelenggarakan Kampoeng Ramadhan Jogokariyan
Bulan Ramadan bisa dikatakan sebagai moment yang paling dinanti oleh umat Islam di dunia. Di Masjid Jogokariyan sendiri setiap bulan Ramadan selalu menyelenggarakan Kampoeng Ramadhan Jogokariyan dan selalu ramai oleh pengunjung.
Adapun tujuan dari diselenggarakannya Kampoeng Ramadhan Jogokariyan adalah untuk menggerakkan ekonomi rakyat karena nantinya kita bisa membeli aneka makanan dan minuman yang dijual oleh para pedagang di Kampoeng Ramadhan.
Menyediakan Fasilitas Penginapan
Awalnya penginapan yang disediakan oleh Masjid Jogokariyan hanyalah untuk para musafir. Namun karena tingginya minat masyarakat yang ingin menginap, akhirnya didirikannya penginapan syar'i yang berlokasi di atas bangunan Islamic Center.
Di dalam area Jogokariyan sendiri ada banyak penginapan yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Salah satunya adalah Homestay Rindu Jogokariyan yang dimiliki dan dikelola oleh Anugerah Yoga Prabowo.
Homestay Rindu Jogokariyan beralamatkan di Jogokariyan RT 45 RW 12, Mantrijeron Yogyakarta dan merupakan rumah asli warga Jogokariyan yang sudah dibangun sejak tahun 1982.
Sebagai pemilik dari Homestay Rindu Jogokariyan, Yoga ingin memberikan pengalaman pelanggan yang berkesan, sehingga pada tahun 2023, dirinya berinisiatif untuk melakukan renovasi bangunan homestay agar lebih ramah bagi para pengunjung di daerah Jogokariyan.
Homestay Rindu Jogokariyan menyediakan ruang tamu khusus untuk memastikan privasi dan kenyamanan tamu selama menginap. Selain itu juga ada fasilitas lain seperti dua kamar tidur ber-AC, dengan kamar tidur utama yang dilengkapi smart tv untuk hiburan.
Homestay Rindu Jogokariyan menyediakan dapur yang lengkap dengan kompor dan peralatan makan. Tak lupa Homestay Rindu Jogokariyan juga menyediakan kamar mandi modern dengan toilet duduk.
Fasilitas lain yang tak kalah penting di Homestay Rindu Jogokariyan adalah Wi-Fi yang menawarkan kecepatan internet stabil. Tentu saja diharapkan dengan Wi-Fi di dalam homestay, para tamu tetap bisa terhubung dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya meskipun sedang berada di Yogyakarta.
Solusi Digital Bagi Bisnis Hospitality, Permudah Karyawan Dalam Bekerja
Bagi Yoga saat ini yang sedang menekuni bisnis hospitality, menerapkan transformasi digital itu penting agar bisnis yang dikelolanya makin optimal. Selain bisa meningkatkan omzet, penerapan transformasi digital juga bisa mempermudah kerja karyawan yang bekerja di bisnis hospitality.
Website yang Yoga kunjungi dalam upaya menerapkan transformasi digital di homestaynya adalah Indibiz dimana menu yang ditampilkan terstruktur rapi dan tentu saja user friendly. Hal ini mempermudah dirinya dalam mencari kebutuhan solusi digital yang diharapkan untuk industri perhotelan dan hospitality yang saat ini sedang dikelolanya.
Selain itu juga Yoga menilai fitur digital check in dan sistem manajemen hotel dari Indibiz sudah terintegrasi satu sama lain. Para pelaku bisnis hospitality tinggal pasang dan memakai produk yang akan digunakan lalu kemudian akan muncul total tagihan yang  bisa langsung dilanjutkan ke proses pembayaran.
Transformasi digital saat ini menjadi hal penting bahkan wajib diterapkan di bidang hospitality. Tentu saja semua dilakukan demi kenyamanan para tamu dan juga karyawan yang bekerja.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI