Mohon tunggu...
Linda Latansa
Linda Latansa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Ekonomi Rabbani

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Wakaf Tidak Cuma 3M (Masjid, Makam, Madrasah)

20 September 2021   09:09 Diperbarui: 20 September 2021   09:12 22 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wakaf itu gak Cuma M3 (Masjid, Makam, Madrasah)

Menurut data Sistem Informasi Wakaf Kemenag (SISWAK) Tanah wakaf di Indonesia dimanfaatkan untuk masjid dan mushalla sebesar 72%, sekolah dan pesantren 14%, lahan pemakaman 4%, kegiatan sosial 8%, data tesebut menunjukkan bahwa pemanfaatan wakaf di Indonesia masih belum memberikan dampak langsung pada perekonomian masyarakat.

Padahal wakaf bisa digunakan untuk aktifitas sosial ekonomi, sebagaimana telah diajarkan oleh Utsman bin Affan bahwa wakaf dapat berupa sumur umah hingga menjadi kebun kurma dan hotel berbintangan. Asset wakaf dijadikan sebagai perhotelan, perkantoran, pusat dagang dan perkotaan di berbagai negara.

Saat ini Negara yang sedang mengelola asset wakaf di era modern meliputi negara Malaysia, Pakistan, Singapuran, dan Turki. Pada dasarnya pemanfaatan tanah wakaf untuk 3M (Masjid, Makam, Madrasah) memang tidak salah, tetapi wakaf sejak awal telah diterapkan untuk membantu dalam membangkitkan sosial dan ekonomi masyarakat. Jadi, di era modern saat ini, kebermanfaatan wakaf bisa diwujudkan menjadi instrumen penting sesuai dengan kebutuhannya.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan