Mohon tunggu...
Linda AfiyaSafitri
Linda AfiyaSafitri Mohon Tunggu... Sibuk

Awali Kebaikan Dengan Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yuk Kenali Sintaksis dan Manfaat Mempelajari Sintaksis

23 Februari 2021   20:55 Diperbarui: 23 Februari 2021   21:24 219 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Kenali Sintaksis dan Manfaat Mempelajari Sintaksis
https://images.app.goo.gl/UrTjkFWLEx5epqLP7

           Sintaksis mungkin masih asing bagi kalian jadi dikesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu sintaksis dan manfaat mempelajarinya, tetapi bukan hanya itu saja kita akan membahas secara mendalam tentang sintaksis. 

      Sintaksis berasal dari bahasa Yunani, yaitu "sun" yang berarti dengan, dan "tattein" artinya menempatkan. Jadi bisa disimpulkan bahwa sintaksis adalah menempatkan kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat. Sintaksis juga dapat diartikan dengan cabang ilmu linguistik yang membahas seluk beluk tata bahasa dalam satuan kalimat. 

Ramlan (2009, hlm. 1) yang mengungkapkan bahwa sintaksis adalah bagian atau cabang ilmu bahasa yang membicarakan seluk beluk wacana, kalimat, klausa, dan frasa.

   Sebenarnya sintaksis juga memiliki kesaaman dengan morfologi tetapi bedanya morfologi mengkaji hubungan gramatikal di dalam kata itu sendiri, sedangkan sintaksis mempelajari hubungan gramatikal diluar batas kata dalam satuan kalimat. 

  Sintaksis juga memiliki beberapa fungsi yang melatar belakangi sintaksis itu sendiri seperti :

a. Subjek 

     Adalah pokok dalam sebuah kalimat atau bisa disebut jawaban dari pertanyaan apa atau siapa, bisa juga dengan didahului kata bahwa, dan berupa kata benda, dan masih banyak yang lainnya.

b. Predikat

    Adalah yang menjelaskan pokok kalimat atau subjek, jika kalian menemui kalimat yang predikat umumnya diisi oleh verba atau frasa verba, predikat merupakan jawaban dari pertanyaan apa yang dilakukan (pokok kalimat) atau bagaimana (pokok kalimat), maka sudah pasti itu kalimat predikat.

c. Objek

     Adalah inti kalimat atau juga di sebut dengan orang yang menjadi pokok pembicaraan, jika kita menemui kalimat yang berupa kata benda, tidak didahului kata depan, mengikuti secara langsung dibelakang predikat transitif, maka dapat disimpulkan bahwa itu kalimat objek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN