Mohon tunggu...
Lina Yuliani
Lina Yuliani Mohon Tunggu... Do good and good will come to you

Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar. Maka jadilah penulis -Imam Al-Ghazali-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengapa Pendidikan Tinggi Sangat Penting bagi Perempuan?

12 Maret 2021   05:31 Diperbarui: 12 Maret 2021   05:33 145 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Pendidikan Tinggi Sangat Penting bagi Perempuan?
https://www.bundaeni.com

Pendidikan merupakan hal krusial bagi setiap orang, baik itu laki-laki atau perempuan. Pendidikan ditempuh dengan suatu tujuan yang sama pula, yakni untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang luas. 

Namun saat ini, tidak jarang masih ditemukan stereotip gender mengenai tidak pentingnya pendidikan yang tinggi bagi perempuan oleh sebagian masyarakat. 

Kerap terdengar stigma mengenai perempuan yang hanya akan mengurus rumah tangga, sehingga pendidikan yang tinggi tidak diperlukan. 

Hal tersebut pun tidak jarang membuat seorang perempuan semakin kehilangan motivasi, kepercayaan diri atas kesempatan, dan tidak terlalu mementingkan pendidikan tinggi bagi dirinya. Lantas, mengapa pendidikan yang tinggi  sangat penting bagi seorang perempuan?

Pendidikan tinggi penting bagi perempuan karena peran seorang perempuan tidak hanya sekadar mengurus rumah tangga saja, namun juga menjadi madrasah pertama bagi anak-anaknya dimasa mendatang.

Perempuan berperan dalam menentukan generasi penerus bangsa yang terdidik. Karena pendidikan yang utama datang dari keluarga. Perempuan dengan latar belakang pendidikan tinggi akan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkarakter, berakhlak baik, dan berilmu. 

Oleh sebab itu, merupakan suatu stigma yang salah mengenai perempuan yang hanya akan mengurus rumah tangga tanpa perlu pendidikan yang tinggi.

Di era perkembangan pesat terutama digital ini, pendidikan tinggi menjadi faktor penting dalam meraih kesuksesan dan kesejahteraan. Pendidikan tinggi memang kunci penting bagi peranan perempuan. 

Disamping itu, sebagai seorang perempuan, sangat wajib memiliki pengetahuan yang luas karena sejatinya perempuan juga memiliki kesempatan yang sama dalam kehidupan, terkhusus di era yang sangat maju saat ini, memiliki wawasan yang luas maupun pengetahuan mendalam adalah sebuah keharusan dalam diri, termasuk bagi perempuan. 

Perempuan juga harus memiliki pengetahuan yang luas guna mampu mengikuti perkembangan zaman dimana saat ini sudah berkembang dan menuntut peran perempuan untuk lebih mandiri lagi dalam menjalani berbagai aktivitas kehidupan.

Pendidikan juga bukan hanya untuk kewajiban formal saja, namun juga bermanfaat bagi berkembangnya pola pikir seseorang. Pendidikan tinggi bagi perempuan dapat membentuk pola pikir yang kritis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN