Mohon tunggu...
Lina Astuti
Lina Astuti Mohon Tunggu...

Saya suka membaca, menulis, dan mendengarkan musik. Menulis bagi saya, selain sebagai hobi dan ingin menginspirasi, juga sebagai sarana untuk mengingatkan diri sendiri. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manusia Pasti Saling Membutuhkan

9 Desember 2011   10:59 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:38 945 0 0 Mohon Tunggu...

Manusia itu makhluk sosial, pasti saling membutuhkan satu sama lain. Dari zaman purbakala, manusia sebagai makhluk sosial sudah terbukti. Jika sekarang kita mengenal jual beli, dahulu yang ada hanya sistem barter (tukar-menukar barang), belum ada sistem jual beli. Sistem barter ini memiliki kendala, yaitu barang yang diberikan tidak sesuai dengan barang yang didapatkan.  Misalnya beras 1 liter ditukar dengan kambing satu ekor. Ini dirasakan tidak adil. Lama-kelamaan, manusia memikirkan cara bagaimana agar tukar-menukar berjalan efektif dan efisien. Kemudian dibuatlah mata uang dan dimulailah jual beli. Dari sini kita bisa lihat uang dibuat hanya untuk memudahkan hubungan antarmanusia karena manusia saling membutuhkan. Uang bukan sesuatu yang harus dikejar. Banyak hal membutuhkan uang, tetapi uang bukanlah segalanya.

Saling membutuhkan tidak hanya berkaitan dengan uang, kita juga bisa saling menukar jasa sesuai keahlian kita. Contohnya bisa diterapkan di sekolah. Misalkan saya pandai matematika dan Anda pandai bahasa inggris. Kita bisa barter, saya mengajari Anda matematika dan Anda mengajari saya bahasa inggris. Ini juga termasuk prinsip sinergi. Hasilnya adalah saya dan Anda pandai matematika dan bahasa inggris.

Tetapi yang harus diingat sistem barter itu harus bersifat positif, seperti belajar matematika dan bahasa inggris tadi. Banyak sistem barter bersifat negatif seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme. Kita hidup tidak hanya di dunia, ingatlah akhirat. Mengapa kita harus berusaha dan bekerja keras hanya demi untuk masuk neraka? Ini adalah tindakan yang sangat bodoh. Jadi, bekerjasamalah dalam hal kebaikan agar semua manusia bisa mencapai kedamaian dan kebahagiannya. Semoga semua makhluk Tuhan berbahagia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x