Mohon tunggu...
LINA WARYANTI
LINA WARYANTI Mohon Tunggu... Guru - a teacher

I am a wife, a mom of three children. I love teaching.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pentingnya Membaca

3 September 2022   17:16 Diperbarui: 3 September 2022   17:30 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hari ini saya mengikuti kuliah PPG bersama dosen saya Bapak Yanto dari Universitas Jambi, Beliau mengatakan bahwa menurut survey yang dilakukan, masyarakat Indonesia itu tidak suka membaca, Indonesia berada di urutan 64 dari 65 negara yang disurvey. Hal ini juga sudah pernah saya dengar sebelumnya, yaitu hasil dari PISA (Programme for International Student Assesment). 

Sungguh miris memang, karena saya pribadi juga tidak bisa menjawab, berapa buah buku yang sudah saya tamatkan dalam setahun belakangan ini? Karena sibuk dengan segala macam kegiatan ibu rumah tangga yang akhirnya lupa memberi vitamin kepada otak saya dengan membaca buku-buku yang bermutu.

Hal ini yang akhirnya mendorong saya untuk menumbuhkan minat baca sejak dini kepada anak-anak saya, meskipun mungkin agak terlambat. Anak pertama saya saat ini berumur 7,5 tahun, duduk di kelas 2 Sekolah Dasar. 

Saya mulai membelikannya buku-buku anak di saat usianya sudah menginjak 3 tahun, padahal saat saya hamil dia, saya bisa membaca 2 buku dalam waktu kurang dari seminggu yang saya pinjam dari perpustakaan tempat saya mengajar. Buku yang saya baca biasanya berupa novel.

Kenapa tidak sejak newborn saya kenalkan aktivitas membaca kepada anak saya? Ahh sudahlah, tak baik menyesali sesuatu yang sudah terjadi, yang terpenting adalah yang kita lakukan saat ini.  

Ternyata saat sudah memiliki buku, dia sangat antusias membolak balik halamannya yang penuh gambar, menyimak dengan seksama ketika kami orang tuanya membacakan buku-buku untuknya, dan aktivitas ini tentu sangat baik untuk membangun bonding antara anak dan orang tua. Selain itu juga membangun cakrawala pengetahuannya.

Yang masih saya coba lakukan saat ini adalah, tidak hanya menyuruh anak-anak untuk membaca buku, tapi juga berusaha menjadi teladan bagi mereka dengan memperlihatkan bahwa aktivitas membaca adalah sesuatu yang sangat menyenangkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun