Mohon tunggu...
Lilis Sintiasari
Lilis Sintiasari Mohon Tunggu... Blogger

Solo Moviegoer and solo traveler

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Yakin, Kamu Mau Nikah Muda?

20 Januari 2021   08:00 Diperbarui: 20 Januari 2021   08:08 185 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yakin, Kamu Mau Nikah Muda?
pixabay.com/satyamkumarpe

Siapa di sini mau nikah muda? Kira-kira teman-teman udah punya bekal atau belum untuk menikah. Karena menikah itu bukan perkara main-main. Bukan seperti pacaran ketika udah bosan putus, terus balikan, putus lagi, gitu deh terus. Dalam pernikahan tentu gak bisa gitu karena ibarat menyatukan dua kepala menjadi satu itu hal begitu berat.

Namun, akhir-akhir ini banyak sekali fenomena nikah muda. Biasanya mereka menikah di usia muda sekitar 20 atau 21, intinya di bawah 24 udah banyak yang menikah. Mungkin kalau di usia itu masih kuliah semester akhir atau mungkin baru lulus.

Mungkin di sini ada juga teman-teman mau nikah muda tetapi masih bingung. Nikah atau enggak? Kalau niatnya menghindari zina sih bagus, kalau menikah jadi ibadah. Tapi kalau menghindari zina, harusnya sih gak usah pacaran. Iya gak sih?

Emang kalau nikah muda udah siap? Karena ada beberapa hal jelas tidak dimiliki oleh usia di bawah 24. Karena di usia itu baru lulus kuliah dan belum punya banyak pengalaman. Gak percaya? Yuk simak di bawah ini:

Miskin pengalaman

Buat teman-teman mau nikah kira-kira udah punya pengalaman belum? Tentu pengalaman dimaksud bukan pengalaman kerja tetapi pengalaman relationship, pengalaman menangani konflik dengan pasangan ketika berantem. Bisa gak nih para cowok menenangkan cewek nya kalau lagi ngamuk. Ingat ya! Menenangkan bukan malah cewek nya ngamuk, cowok nya malah marah-marah. Bukan gitu ya. Apalagi kalau lagi berantem, malah diem-dieman, atau main blokir kontak. Nah, berarti pengalamannya memang belum banyak.

Pengalaman ini tentu sangat berharga ketika sudah menikah nanti. Namun, bukan berarti harus jadi playboy biar banyak pengalaman. Gak gitu ya konsepnya, intinya yang baru lulus SMA atau kuliah mungkin masih belum banyak pengalaman seperti tadi.

Masih muda masih labil

Ternyata predikat masih labil tidak hanya untuk anak SMP yang pacaran. Karena jika menikah di bawah usia 23 atau 24 tahun bisa dibilang masih labil. Memiliki sikap mudah berubah, masih polos, gampang di bodohin, belum dewasa, terlalu egois, dan masih banyak lainnya. Mungkin kalau sekarang teman-teman gak merasa seperti itu. Tetapi nanti pas usia 30 tahun baru merasa tujuh tahun ke belakang ternyata memang masih egois, polos, labil, dan lain-lain.

Belum punya uang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x