Mohon tunggu...
Liliek Purwanto
Liliek Purwanto Mohon Tunggu... Penulis - penulis

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Bos adalah Maut Jika Terlalu Erat Mendekap Pegawainya

10 Juli 2024   20:03 Diperbarui: 11 Juli 2024   00:00 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang bos. (Sumber gambar: Mohamed Hassan dari Pixabay.)

Barangkali Anda berpikir bahwa mengiyakan setiap permintaan bos bakal memuluskan laju karier Anda. Sebagian benar, tapi sayangnya, tidak selalu demikian.

Tidak keliru membayangkan karier yang meroket lantaran kesigapan Anda memenuhi setiap permintaan bos. Secara logika, seorang atasan akan menyukai anak buah yang selalu siaga mematuhi perintahnya.

Seorang bos akan mengingat baik-baik wajah anak buahnya yang cekatan membereskan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Ingatan bos semacam itu bisa menjadi berkah ketika masa penilaian pegawai tiba.

Umumnya, pimpinan perusahaan akan minta pandangan atasan langsung dari seorang pegawai saat akan mengambil kebijakan terkait pegawai tersebut. Seorang atasan yang puas akan kinerja bawahannya tentu saja akan mengangsurkan jempol tangannya ketika dimintai penilaian.

Nah, alur kerja demikian terlihat sangat menguntungkan. Pegawai yang selalu sigap meladeni atasan akan beroleh kesempatan besar mengembangkan karier di perusahaan.

Apakah skenario perjalanan karier seseorang bakal senantiasa melalui jalan semulus itu? Sayang sekali, kenyataan yang terjadi tidak selalu sejalan dengan bayangan indah semacam itu.

2 Dampak Buruk yang Bisa Menimpa Pegawai Andalan

Sebenarnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada karier seorang pegawai. Peluang bagus sangat mungkin menghampiri para pegawai yang giat bekerja sesuai arahan manajemen dan pimpinan mereka.

Namun, hal sebaliknya acap menimpa pegawai yang amat diandalkan bosnya. Bukannya karier melonjak kencang, tetapi justru tersendat atau bahkan mandek di tengah jalan.

Bagaimana hal seperti itu bisa terjadi?

Berikut ini dua kejadian tak diinginkan yang bisa menimpa seorang pekerja andalan bos di suatu institusi atau perusahaan.

1. Menjadi bahan gunjingan rekan sekerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun