Mohon tunggu...
Rahmah LailiDewi
Rahmah LailiDewi Mohon Tunggu... mahasiswarajin

makasih sudah mau membaca artikel saya. semoga bermanfaat aamiin......

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa PMM UMM Dongkrak SD Negeri 1 Blimbing untuk Pengembangan Sekolah Adiwiyata Nasional

25 Februari 2021   15:35 Diperbarui: 25 Februari 2021   15:40 148 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa PMM UMM Dongkrak SD Negeri 1 Blimbing untuk Pengembangan Sekolah Adiwiyata Nasional
Dokumentasi setelah pembukaan dan penyerahan (dokpri)

Pengabdian merupakan bagian penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bentuk dari pengabdian pun beragam bergantung pada tujuan dan esensinya. Kegiatan PMM merupakan salah satu program Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM-UMM) yang dinaungi langsung oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Sekelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan 5 orang dengan jurusan yang berbeda diantaranya Ade Musthafa Alwi (Teknik Elektro), Elisa Rohimatun Nafi'ah (Pendidikan Biologi), Lukman Inggrit Arinusa (Ekonomi Pembangunan), Rahmah Laili Dewi (Psikologi), dan Wilis Afin Fahrurin (Pendidikan Biologi), bersama-sama membentuk tim untuk melakukan kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa) dengan tema "Pembuatan Hidroponik untuk Optimalisasi Program Sekolah Adiwiyata Nasional di SD Negeri 1 Blimbing Kota Malang" yang didampingi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Beti Istanti Suwandayani, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan tersebut dilakukan pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah Kota Malang. Orientasi dari adanya kegiatan tersebut diketahui bahwa selain lingkungan masyarakat, lingkungan pendidikan pun ikut terdampak akibat pandemi Covid-19 ini. Maka dari itu, sekelompok mahasiswa tersebut berinisiatif untuk melakukan pengabdian di dunia pendidikan.

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilakukan di SD Negeri 1 Blimbing memiliki banyak program. Adapun 2 program unggulannya yakni: Pembuatan Hidroponik untuk Menunjang Program Adiwiyata Nasional dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah sebagai Kepangkatan Guru di SD Negeri 1 Blimbing Kota Malang. "Selain memperhatikan kualitas lingkungannya, kita juga perlu memperhatikan kualitas pengajarnya" ujar Ade Musthafa Alwi, koordinator kelompok.

"Ya, tujuan dari pengabdian ini sendiri seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, selain kualitas lingkungan, kita juga perlu meningkatkan kualitas pengajarnya. Jika kualitas pengajarnya baik, maka akan berdampak pada hasil belajar yang baik pula" imbuh Ade Musthafa Alwi.

Pada hari ini, mereka telah melakukan pembukaan sekaligus penyerahan mahasiswa PMM kepada pihak sekolah yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Beti Istanti Suwandayani, S.Pd., M.Pd. Proses pembukaan dan penyerahan dilakukan di Aula SD Negeri 1 Blimbing. Acara tersebut dihadiri oleh kepala sekolah, humas sekolah, dan guru-guru serta karyawan.

"Dengan teman-teman berada di sini, harapannya dapat menunjang sekolah kita menjadi Adiwiyata Nasional dengan teman-teman yang masih muda, energinya masih banyak" ujar salah satu perwakilan guru yang sekaligus menjadi MC pada acara tersebut.

"Saya secara resmi Bu, saya nitip berlima. Adek-adek kami yang Universitas Muhammadiyah Malang, kita semua berkeluarga. Dalam 1 bulan kedepan saya titip dan mohon bimbingannya dengan baik" ujar Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Beti Istanti Suwandayani, S.Pd., M.Pd. Penyerahan tersebut diterima dengan sangat baik oleh pihak sekolah. "diterima nggih Bu Pak nggih?" ujar kepala sekolah.

Suasana Pembukaan dan Penyerahan (Dokpri)
Suasana Pembukaan dan Penyerahan (Dokpri)

Sambutan oleh Guru Pendamping (Dokpri)
Sambutan oleh Guru Pendamping (Dokpri)

Penyerahan oleh DPL Kepada Pihak Sekolah (Dokpri)
Penyerahan oleh DPL Kepada Pihak Sekolah (Dokpri)

VIDEO PILIHAN