Mohon tunggu...
Liliana
Liliana Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis Departemen Bahasa Indonesia China Media Group

Sharing information is a way to understand each other

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

10 Makanan Khas Paling Terkenal di Tiongkok

15 November 2023   14:31 Diperbarui: 16 November 2023   14:33 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tianjin Mahua. Sumber : Fengyu Kepu

Makanan adalah hal terpenting bagi manusia, selain menikmati pemandangan yang indah, traveling juga melibatkan kegiatan untuk mencicipi makanan yang enak, karena dimanapun Anda berada, selalu ada makanan yang unik, dan menyantap makanan yang enak bisa lebih mencerminkan adat dan budaya setempat. Maka hari ini saya ingin berbagi dengan Anda sepuluh makanan khas dan makanan lezat yang paling terkenal di Tiongkok. Anda tidak boleh melewatkannya saat mengunjungi Tiongkok. Apakah ada dari makanan khas berikut yang pernah Anda cicipi?

1. Tianjin Mahua

Tianjin Mahua adalah salah satu jajanan tradisional paling terkenal di Tianjin, terbuat dari tepung, gula, wijen dan bahan mentah lainnya, dinamai berdasarkan bentuknya yang dipilin. Ciri khasnya adalah warnanya yang keemasan, teksturnya yang renyah dengan aroma wijennya memiliki sejarah yang panjang (dapat ditelusuri hingga Dinasti Ming dan memiliki sejarah lebih dari 400 tahun). Seiring dengan berkembangnya pariwisata, semakin banyak wisatawan yang datang ke Tianjin untuk mencicipinya Mahua. Mahua ini sedikit mirip kue untir-untir yang ada di Indonesia.

2. Mie Beras Guilin

Guangxi adalah kota kuliner, dan salah satu jajanan tradisionalnya yang sangat terkenal adalah bihun Guilin. Sejarah mie beras Guilin dapat ditelusuri kembali ke Dinasti Tang dan memiliki sejarah ribuan tahun. Di zaman modern, mie ini telah menjadi salah satu makanan khas Guangxi. Rasanya berbeda dari mie beras biasa dan lebih elastis. Rasanya yang unik dan ragamnya yang kaya telah menarik banyak pengunjung untuk datang dan mencicipinya, terkenal di seluruh Tiongkok dan bahkan dunia..

Mie Beras Guilin. Sumber : Mifen Aihaozhe
Mie Beras Guilin. Sumber : Mifen Aihaozhe

3. Pancake Shandong

Pancake Shandong merupakan salah satu jajanan tradisional di Provinsi Shandong, tepung, telur, daun bawang cincang, minyak wijen dan bahan lainnya dicampur menjadi adonan, lalu dipanggang di atas wajan pancake khusus hingga berwarna coklat keemasan, renyah dan harum, serta lembut di dalamnya. Lapisan kue bagian dalam yang lembut, teksturnya kaya, dan isinya yang beragam dapat memenuhi kebutuhan rasa hampir semua kalangan, telah menjadi simbol budaya dan kartu wisata Provinsi Shandong. Wisatawan yang berwisata ke Shandong biasanya akan mencicipi kelezatan pancake ini.

Pancake Shandong. Sumber : Zhonghuaren
Pancake Shandong. Sumber : Zhonghuaren

4. Hot Pot Chongqing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun