Mohon tunggu...
Faustina Rosalia
Faustina Rosalia Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ungraduated Media Digital Communication Student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Melihat Jurnalisme Multimedia di Amerika Serikat dan Perubahannya Setelah Peristiwa 9/11

26 September 2021   22:57 Diperbarui: 26 September 2021   23:01 56 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Melihat Jurnalisme Multimedia di Amerika Serikat dan Perubahannya Setelah Peristiwa 9/11
https://pin.it/LM9BnUj

Multimedia journalism lahir dari dinamika kaitan lima elemen yang memunculkannya. Terdiri dari, inovasi teknologi, jurnalis foto dan redaksi, organisasi bisnis media, khalayak, dan kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Lantas, tahukah anda awal mula dari jurnalisme multimedia?

Sejarah Jurnalisme Multimedia di Amerika Serikat

Multimedia journalism pertama kali dikenal saat gempa bumi melanda Bhuj, sebuah kota di utara India, tahun 2001. Ketika media-media lain hanya menayangkan still photojournalism, Associated Press -- kantor berita yang bermarkas di New York -- mengemas pemberitaan bencana ini dalam bentuk audio-photo slide show (McAdams, 2005).

Multimedia journalism merupakan kombinasi elemen audio, gambar atau foto (still photojournalism), teks, dan interaktivitas (biasa dalam bentuk animasi grafis) dalam bidang jurnalisme online yang terdiri dari situs berita, atau penyedia berita online yang biasa disebut wire services (Quinn, 2005, p. 147).

Sejak itu, media-media terkemuka telah memberi bagian untuk multimedia journalism yang semakin canggih dalam konten online-nya. Di Inggris, Web "The Guardian" telah memiliki link khusus bertitel "Multimedia".

Padahal ketika awal didirikan pada awal 2000, Web "The Guardian" hanya memiliki konten multimedia berupa audio dan petunjuk interaktif dengan format movie Flash (Thurman & Lupton, 2008, p. 3).

Kantor berita seperti VII Photo Agency pun mulai membuat tampilan multimedia journalism. Link khusus "Multimedia" pada Web www.viiphoto.com akan mengarahkan khalayak pada halaman berisi thumbnail audio-photo slide shows.

Mekanisme generatif ini terdiri dari perkembangan teknologi internet dan Web, teknologi fotografi, serta teknologi piranti lunak. Ketiga bentuk teknologi ini saling berkaitan dan menjadi penyebab munculnya multimedia journalism di media online.

Internet pertama kali muncul pada 1960-an sebagai jalur komunikasi untuk kepentingan riset-riset yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat. Internet mulai menjadi konsumsi publik ketika world-wide-web (Web) ditemukan oleh Tim Bernes-Lee pada tahun 1990-an (Reddick & King, n.d.).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan