Mohon tunggu...
lyona
lyona Mohon Tunggu... Mahasiswa - bekerja

seorang Introvet suka menulis dan membaca buku serta suka mencoba hal-hal baru yang dipelajari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kisah Nyata Perjuangan Pergi ke Sekolah dan Pentingnya Pendidikan!

14 Januari 2023   23:42 Diperbarui: 14 Januari 2023   23:43 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
hasil Documentasi maikel balkewam 

 Seperti tema diatas disini kita akan membahas betapa perjuangan dan pentingnya pendidikan itu. sebelumnya saya akan menceritakan sedikit kisah nyata dari kehidupan saya ditempat kelahiran saya. saya lahir dari keluarga yang sederhana dan tinggal di desa yang bernama (seti), yang  sangat jauh dari kota. hidup sejaterah di desa sangatlah menyenangkan akan tetapi dibalik semua kesenangan itu ada perjuangan yang harus kami lalui yaitu membutuhkan pendidikan.  sekolah dasar (SD) ditempat saya begitu dekat dengan area desa saya sehingga kami hanya berjalan sekitar 5 menit sudah sampai ke sekolah. saya beserta saudara saya dan teman-teman sangat senang karena sekolah dasar kami tidak jauh dari rumah, akan tetapi setelah kami lulus dari sekolah dasar disitulah perjuangan kami dan semangat kami harus di tambahkan lagi. sebab jarak sekolah menengah pertama (SMP) sangat jauh dari rumah jaraknya sekitar 30 km, dan kami tidak mempunyai kendaran sepeda motor, akhirnya kami harus berjalan kaki sampai ke sekolah setiap hari, jam masuk sekolah yaitu jam 07.00 wib. 

sehingga kami harus berjalan kaki di pagi-pagi sekali sekitar jam 05.00 pagi, setiap hari orang tua kami bangun membuat bekal untuk kami pergi ke sekolah. jalan yang kami biasanya lalui yaitu melalui perkebnan dan persawahan, kami berjalan kaki ke sekolah tidak memakai sepatu kami hanya memakai sendal, setelah sampai ke sekolah kami mengganti seragam dan memakai sepatu. setiap hari kami pergi kesekolah mendahului petani yang pergi ke sawah dan pulang sekolah kami bertemu dengan mereka disawah, kami tidak pernah mendapatkan uang jajan kami hanya mengandalkan bekal kami saja. dan itulah perjuangan kami yang tinggal di desa untuk mengejar ilmu dan mendapatkan pendidikan yang layak, kami merasa bahwa pendidikan sangat penting bagi kami untuk menciptakan inovasi dan kreativitas, oleh sebab itu kalian yang hidupnya sudah medapatkan pendidikan yang layak jangan lupa bersyukur teruslah berjuang untuk mengejar ilmu sebab masih diluar sana ada orang yang bahkan sekolah saja masih susah. jangan pernah menyerah ya.. demikian kisah nyata perjuangan saya untuk pergi ke sekolah.

dan bukan hanya di desa saya saja ada beberapa desa yang jauh dari desa saya begitupun merasakan begitu jauhnya tempat sekolah kami yaitu sekolah menenga pertama (SMP) dan juga sekolah (SMA). semangat untuk pejuang mimpi dan mengejar ilmu sebanyak yang kamu mau. pendidikan akan memberi kita ilmu bukan hanya menghormati sesama tetapi juga menghargai, dan mentoleransi serta memberikan kita untuk berpikir kreativitas dan  juga menciptakan inovasi baru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun