Mohon tunggu...
Lidia Alfi
Lidia Alfi Mohon Tunggu... Pendamping PKH

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Sayuran Selada Mampu Menopang Ekonomi Keluarga

15 Maret 2020   16:58 Diperbarui: 15 Maret 2020   17:01 93 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sayuran Selada Mampu Menopang Ekonomi Keluarga
Doc. Pribadi

Dukuh Sijampang Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah sebagian warganya bertani sayuran karena udara disana sangat cocok untuk ditanami sayuran. Sayuran yang di tanam seperti caisim, labu, terong, gambas, kubis,slada air dan masih banyak lagi.

Salah satunya adalah Sipah (42) warga Dukuh Sijampang RT 11 RW 03 Desa Ragatunjung saat ditemui di Ladang Slada mengaku gembira

" Alhamdulilah hari ini cuaca sangat cerah sehingga dapat memanen slada dengan tenang, karena minggu ini sudah waktunya panen dan kebetulan lagi butuh uang untuk membayar anak sekolah, ungkapnya".

Sayur Slada memang jenis sayuran yang cepat panen, proses tanam sampe panen hanya bekisar 40 hari. Dan dalam setahun bisa berapa kali panen tergantung perawatan. Sembari mencoba memanen slada , penulis bertanya tentang sayuran apa saja yang di tanam bu Sipah dan berapa yang di dapat sekali panen?

Bu Sipah menanam caisim, waluh/ labu, dan juga Slada. Karena jarak tanam tidak terlalu jauh sehingga untuk minggu ini bisa memanen caisim dan slada. Untuk satu petak lahan untuk slada bisa menghasilkan 1000-2500 ikat slada dan se ikat slada Rp. 700'- sedangkan bu Sipah mempunyai 3 petak itu cukup untuk menghidupi ke 3 anaknya yang masih sekolah.

Tuhan mempunyai cara tersendiri untuk memberikan  rejekinya kepada mahluknya dengan cara tersendiri, so kita tidak boleh putus asa dengan kekurangan yang kita miliki, Slada yang mungkin kebanyakan orang bukan sesuatu yang mewah tapi dapat membantu kita untuk menghidupi keluarga. 

Selamat Berakhir Pekan

KBC-07 | Kompasianer Brebes

VIDEO PILIHAN