Mohon tunggu...
LiburanJogja
LiburanJogja Mohon Tunggu... Traveler

Traveler from Jogja

Selanjutnya

Tutup

Travel

Lava Tour Merapi Masih Menarik Minat Banyak Wisatawan

6 Oktober 2019   15:28 Diperbarui: 19 Oktober 2019   09:18 0 0 0 Mohon Tunggu...
Lava Tour Merapi Masih Menarik Minat Banyak Wisatawan
Sumber: liburanjogja.co.id

Semenjak erupsi besar Gunung Merapi yang terhitung cukup dahsyat pada tahun 2010 yang lalu, Kawasan Wisata Kaliurang memilki penawaran paket wisata yang menarik, yaitu Wisata Lava Tour Merapi. Paket Wisata Lava Tour Merapi di Kalurang ini ditawarkan dengan 2 opsi kendaraan; Motor Trail atau Jeep. Dengan Jeep tentunya lebih favorit bagi para wisatawan, karena sanggup menampung hingga 4 orang per jeep.

Semenjak mulai dirintis tahun 2011 yang lalu (1 tahun setelah erupsi), atraksi wisata baru ini mampu menarik minat banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Terbukti, hingga saat ini wisatawan yang berminat dan tertarik untuk mencoba Paket Lava Tour Merapi ini masih sangat banyak. Jumlah armada jeep yang tersedia pun saat ini mungkin sudah mencapai lebih dari ratusan jeep. Mayoritas jeep tersebut dimiliki oleh warga setempat.

Untuk paket Wisata Lava Tour Merapi menggunakan Jeep sendiri, durasinya adalah sekitar 2 sampai 2,5 jam. Biayanya sangat bervariasi, tergantung jenis jeep yang kita naiki (ada Jeep Willys, Hardtop, hingga Land Rover, dengan kapasitas dari masing-masing jeep rata-rata adalah 3--4 penumpang per jeep) dan panjang rute wisata lava tour yang kita pilih.

Kenapa Paket Jeep Lava Tour ini Menarik?

  1. Menggunakan Jeep sambil Melihat Langsung Akibat Erupsi Gunung Merapi 2010
    Dalam Paket Wisata Lava Tour Merapi ini, kita akan diajak menyusuri dan napak tilas erupsi Gunung Merapi taun 2010 dengan menggunakan Jeep Klasik atau Motor Trail. Selama di perjalanan lava tour ini, kita bisa melihat langsung efek erupsi Gunung Merapi taun 2010 silam di Museum Sisa Hartaku, Bungker Merapi, dan bahkan juga di desa almarhum Mbah Maridjan.
  2. Banyak Opsi Rute dan Titik Pemberhentian
    Paket Wisata Lava Tour Merapi ini menawarkan banyak pilihan rute berikut dengan pilihan titik pemberhentian. Bungker Merapi, The Lost World Castle, Stone Henge, Batu Alien, Museum Sisa Hartaku, dsb, adalah opsi-opsi titik pemberhentiannya. Bungker Merapi di Kaliadem dan Museum Sisa Hartaku merupakan lokasi kunjungan dan titik pemberhentian yang paling favorit hingga saat ini.
  3. Menikmati Pemandangan Indah dari Kaki Gunung Merapi
    Di sepanjang perjalanan selama Lava Tour Merapi menggunakan jeep ataupun Motor Trail, kita dapat menikmati pemandangan dari kaki Gunung Merapi yang sangat indah untuk dinikmati. Terutama bila kita mengambil paket sunrise trip untuk lava tour nya. Selain pemandangan dan panorama alamnya, kita bisa menyaksikan langsung kegagahan Gunung Merapi ini dari jarak dekat selama perjalanan lava tour merapi. Terutama saat kita berada di titik pemberhentian Bungker Merapi.

2 Titik Pemberhentian Favorit di paket Wisata Lava Tour Merapi:

  1. Museum Sisa Hartaku:
    Museum ini adalah saksi bisu dari erupsi besar Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010. Museum ini dulunya adalah rumah penduduk, yang terkena imbas dari awan panas saat erupsi tersebut. Di tempat ini, kita dapat menemukan berbagai kerangka seperti kerangka sepeda motor, rangka tulang sapi, tabung televisi, peralatan rumah tangga dan dapur, peralatan musik (dulunya, rumah ini juga merupakan sanggar seni), yang telah hangus karena terkena awan panas dari erupsi 2010 tersebut.
  2. Bungker Merapi:
    Bungker Merapi adalah titik kunjungan terfavorit dari Paket Wisata Lava Tour Merapi ini. Dulunya, Bungker Merapi ini berfungsi sebagai tempat bersembunyi dan berlindung dari lahar panas saat terjadi erupsi. Namun saat ini sudah tidak digunakan lagi sebagai tempat untuk berlindung. Letusan besar yang dahsyat pada tahun 2010 menyebabkan 2 relawan yang berlindung di dalam bungker ini gugur karena panasnya lahar menyelimuti bungker tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama. Di bungker ini kita bisa menyaksikan Merapi yang berdiri dengan gagah dan indahnya, serta melihat matahari terbit saat pagi hari dan maupun terbenam pada sore hari. 

Dengan harga yang tidak bisa dianggap murah, kisaran harganya mulai dari Rp. 350.000,- sampai Rp. 650.000,- per jeep, paket merapi lava tour hingga saat ini masih memiliki peminat yang sangat banyak. Wajar bila di sepanjang jalan dari Kaliurang, Kalikuning, hingga Kaliadem, banyak sekali bisa kita temukan basecamp-basecamp jeep lava tour merapi. Tidak jarang, bahkan banyak wisatawan yang paket wisata lava tour merapi ini lebih dari 1 kali atau bahkan lebih dari 2 kali. Apakah anda salah satunya?

KONTEN MENARIK LAINNYA
x