Mohon tunggu...
Libert Padjo
Libert Padjo Mohon Tunggu... Lahir di Manggarai Flores NTT

Suka Menulis, Traveling

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pemprov Papua Barat Dukung Pengembangan Sport Tourism di Raja Ampat

10 Juli 2019   20:24 Diperbarui: 10 Juli 2019   20:34 0 1 1 Mohon Tunggu...
Pemprov Papua Barat Dukung Pengembangan Sport Tourism di Raja Ampat
DOKPRI

Olahraga dan pariwisata ibarat sekeping koin, memiliki dua sisi berbeda namun saling menyempurnakan. Dan dalam trend penyelenggaraan event-event olahraga saat ini semakin menonjolkan olahraga wisata. Tak heran jika di berbagai daerah di Indonesia lahir banyak event olahraga baik skala nasional maupun internasional. Sebut saja Tour De singkarak di provinsi sumatera Barat, Tour de Lombok Mandalika di NTB, Tour de Flores di NTT, yang sukses memadukan sajian lomba balap speda tingkat Internasional dan sajian budaya dan kekhasan daerah dari daerah penyelenggara. Para pembalap dari berbagai belahan dunia datang berlomba sekaligus menikmati pesona wisatanya.

" Saat ini ada trend yang berkembang yakni olahraga wisata, sport industry dan sport tourism, dan banyak daerah berlomba-lomba menggagas dan menggelar event-event olahraga dalam rangka promosi potensi daerah. Saya kira kita juga di Papua Barat perlu menangkap peluang ini dan menyiapkan event-event olahraga berskala nasional ataupun internasional" ujar Gubernur Papua Barat, dominggus Mandacan dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat, saat membuka secara resmi tournament Piala Raja Tenis meja di GOR Waisai, Rabu 10/07/19.

Menurutnya, Papua Barat punya potensi besar dalam pengembangan sport tourism. Salah satu wilayahnya yakni Kabupaten Raja Ampat untuk kategori olahraga air. Ia pun berkomitmen mendorong seluruh kabupaten/kota dan destinasi wisata agar mensinergikan olahraga dengan pariwisata, serta menyiapkan infrstruktur pendukungnya.

DOKPRI
DOKPRI
Asisten Ekonomi Pembangunan Raja Ampat, Noakh Komboy yang mewakili Bupati Raja Ampat yang turut hadir dalam pembukaan tournament tenis meja piala Raja, berharap dukungan dan komitmen pemerintah Provinsi dalam mendukung pengembangan olahraga wisata di Raja Ampat.

" Kami mohon dukungan baik anggaran maupun infrstruktur pendukung sehingga ke depan, Raja Ampat bisa gelar event-event olahraga berskala Nasional dan Internsional" kata Noak. Ia pun mengakui olahraga kini tak bisa lepas dari yang namanya pariwisata. oleh karenanya, dua aspek itu harus berjalan beriringan sekaligus berkembang bersama-sama.

Trend olahraga saat ini adalah sport industry dan sport tourism, sebagaimana komitmen dan sinergitas yang telah ditempuh oleh KEMENPORA bersama Kementerian Pariwisata dan berbagai pihak terkait, yang sangat intens mendorong berkembangnya olahraga industri dan olahraga pariwisata. (Libert Humas)