Mohon tunggu...
Lia NovianPutri
Lia NovianPutri Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Pendidikan Islam Anak Usia Dini / UIN MALIKI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Rantau ke Pulau Jawa

11 September 2019   22:48 Diperbarui: 11 September 2019   22:56 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Perjalanan hidup ku mulai setelah lulus dari Sekolah  Menengah Pertama. Disaat kedua orang tuaku memintaku untuk melanjutkan sekolah di Pulau Jawa. Aku sempat berfikir, lalu menjawab "tidak" itulah kata pertama yang keluar dari mulutku. 

Alasan mengapa aku tidak ingin melanjutkan sekolahku di pulau jawa, karena aku tidak ingin merasakan hidup jauh dengan keluargaku. Karena aku selalu berfikir, hidup jauh dari orang tua adalah hal yang sangat tidak menyenangkan. 

Karena aku akan kemana mana sendiri, dan tidak bisa bercanda ataupun berkumpul bersama keluargaku ketika aku berada di Jawa. Akan tetapi, aku tidak bisa menolak apa yang telah kedua orang tuaku minta. 

Aku tetap akan melanjutkan sekolahku ke Pulau Jawa. Suatu hari aku dan ayahku berangkat ke Jawa, untuk mengikuti serangkaian tes yang diselenggarakan oleh sekolah yang akan aku tempati. Cukup lama, aku dan ayahku mencari keberadaan sekolah tersebut tapi tak kunjung kutemukan. 

Hingga akhirnya aku bertanya kepada salah seorang ibu yang sedang menyapu dipinggir jalan aku bertanya tentang keberadaan sekolah tersebut dan ibu tersebut memberitahuku. 

Setelah aku menemukannya, aku mengikuti berbagai tes yang diselenggarkan di sekolah tersebut. Hingga sampai pukul 14:00 aku mengerjakan soal soal tersebut. Setelah selesai melakukan tes tersebut, aku dan ayahku pulang ke rumah. Dan di esok harinya kami melanjutkan perjalanan menuju ke Kalimantan lagi. 

Dan ketika aku sampai di Kalimantan, aku menunggu hasil tes tersebut keluar selama 2 bulan. 2 bulan berlalu akhirnya pengumuman dan aku keterima di sekolah tersebut. Setelah itu, aku membereskan semua keperluan yang aku butuhkan untuk di bawa ke Jawa dan aku pun merantau ke Jawa untuk melanjutkan sekolahku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun