Mohon tunggu...
Wisata

Peta Desa Wisata oleh KKN Tim I Undip 2019 untuk Desa Curugsewu, Patehan, Kendal

22 Februari 2019   01:56 Diperbarui: 22 Februari 2019   02:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Peta Desa Wisata oleh KKN Tim I Undip 2019 untuk Desa Curugsewu, Patehan, Kendal
Gambar 1. Taufiq I. A.(kanan) menyerahkan peta desa kepada Pak Kades(Kiri) di Balai Desa Curugsewu (31/1). Dokpri

Taufiq Ichsan Ashari, Mahasiswa KKN Tim I Undip membuat Peta untuk Desa Curugsewu, Kec. Patehan, Kab. Kendal, Jawa Tengah. Peta Desa diserahkannya ke kepala desa pada (31/1) dan Peta Wisata pada (7/2). Oleh kepala desa, peta ini nantinya akan dipasang di dua tempat baliho dan sedikit hiasan lampu untuk menghias dan membantu membacanya di malam hari.

Melihat peta desa yang awalnya dipajang di balai desa adalah peta desa keluaran Tahun 2004, mahasiswa KKN Tim I Undip yang berasal dari jurusan Teknik Geodesi ini membuat peta desa update terbaru 2019 dan membuat baru peta wisata Curugsewu. Pak Slamet Haryanto (Kepala Desa Curugsewu) menyatakan "saya berharap hasil karyanya dapat membantu memberikan dan menambah informasi yang jelas bagi warga lokal maupun non-lokal." (7/2)

Ia membuat peta dari citra yang sudah diunduh sesuai daerah yang diinginkan, kemudian membuat data titik-titik toponimi (lokasi) dengan menggunakan aplikasi Mobile Topographer. Pembuatan titik-titik toponimi dibantu oleh perangkat desa untuk berkeliling mengetahui lokasi sarana-sarana Desa Curugsewu. Dari data Mobile Topographer tersebut kemudian disatukan dengan menggunakan aplikasi Arcgis.

Peta Desa dan Peta Wisata ini diharapkan mempermudah masyarakat lokal dan non-lokal mengetahui sarana-prasarana yang ada si Desa Curugsewu, Kecamatan Patehan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Diharapkan juga agar dapat membantu program desa untuk meningkatkan Desa Curugsewu sebagai desa wisata.

Taufiq I. A menyerahkan peta desa wisata kepada Pak Kades di Balai Desa Curugsewu (7/1). Dokpri
Taufiq I. A menyerahkan peta desa wisata kepada Pak Kades di Balai Desa Curugsewu (7/1). Dokpri

KONTEN MENARIK LAINNYA
x