Mohon tunggu...
Levi Nina
Levi Nina Mohon Tunggu... wiraswasta -

Tracht gut, vet zein gut ( Yiddish language)“Think good, and it will be good.” Fighting evil is a very noble activity when it must be done. But it is not our mission in life. Our job is to bring in more light.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Alasan Wanita Yahudi Menutup Rambutnya

21 Mei 2013   08:08 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:16 3247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti pernah saya menulis sebelumnya, untuk wanita Yahudi Orthodox chasidic dan Haredim menutup rambutnya setelah menikah, baik secara keseluruhan maupun hanya menutup dari akar rambut yang merupakan hal utama. Secara umum dengan menutup rambut setelah menikah wanita Yahudi ingin memberitahukan kepada lawan jenisnya kalau wanita tersebut "Saya tidak tersedia untuk  pria lain , Silahkan melihat saya tapi saya sudah ada yang memiliki, bahkan rambut saya, bagian yang paling jelas dan terlihat dari saya, bukan untuk pria lain" Rambut memiliki daya spiritual yang tinggi, rambut menempati posisi paling atas pada struktur body manusia, dimana posisinya berada pada mahkota. Dalam cerita secara spiritual pada cerita Samson dan Delilah telah di jelaskan bagaimana Delilah telah mengalahkan kekuatan Samson hanya karena mencabut rambut pada ketiak Samson, dari cerita tersebutpun telah di jelaskan bagaimana rambut memiliki banyak kekuatan yang tersembunyi ,seperti di ketahui juga ketika manusia meninggal daging akan bercampur dengan tanah yang tersisa hanya tulang dan rambut, di dalam kubur. Itulah kekuatan rambut yang tak terpikirkan. Jika memperlajari dunia modern saat ini dengan scient yang cukup maju, kita ketahui salah satu penelitian yang di lakukan mengenai DNA seseoarang melalui rambut, DNA teramat sangat berguna dalam banyak hal tentunya.  Begitu banyak hal yang tersembunyi melalui seuntai rambut, alasan secara logika ini yang membuat wanita Yahudi Orthodox dan Haredim menutup akar-akar rambutnya, selain tentunya ada ayat-ayat dalam kitab-kitab Yahudi yang menulisnya. Adapun untuk wanita Yahudi yang menutup rambutnya dengan banyak model , bisa berupa topi, kerudung , wig dan lainnya. Modelnyapun beragam bisa keseluruhan maupun hanya yang menjadi hal wajib seperti terlihat dalam photo -photo yang saya lampirkan. Berhubung saya penganut Orthodox Chasidic dan kehormatan untuk saya menutup rambut saya , hanya di kamar tidur saya akan membukanya, untuk modelnya pun tergantung kondisi dan acara yang saya punya, jika di rumah tentunya simpel dan tak banyak macam, jika pertemuan di luar ruangan dalam musim panas memakai topi lebar tentunya lebih nyaman, jika musim dingin topi khusus untuk musim itu, ada kalanya memakai wig baik panjang maupun pendek tergantung situasi. Menutup rambut bukan untuk terlihat lebih buruk , justru perlu untuk menghargai diri juga dan tentunya suami merasa bangga akan pilihannya yang terbaik dia punya, sehingga untuk melirik lainnya pun berpikir berkali kali karena belum tentu yang lain lebih baik. photo by Alisson Joseph Wig panjang

13690976341251019601
13690976341251019601
13690972561637159899
13690972561637159899
gambar yang saya lampirkan hanya sebagian kecil  model penutup kepala , dimana wanita Yahudi Orthodox biasa memakainya, untuk wanita Yahudi tidak ada ketentuan khusus untuk model, hanya bagian akar rambut pada sekitar area ubun-ubun merupakan hal utama yang di tutup, jika itu wanita yang saudah menikah, untuk yang belum menikah tak ada kewajiban untuk hal ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun