Mohon tunggu...
Levi Nina
Levi Nina Mohon Tunggu...

Tracht gut, vet zein gut ( Yiddish language)“Think good, and it will be good.” Fighting evil is a very noble activity when it must be done. But it is not our mission in life. Our job is to bring in more light.

Selanjutnya

Tutup

Catatan Artikel Utama

Pensiun di Negara Maju

5 Maret 2014   04:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:14 1055 7 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pensiun di Negara Maju
13939606501093422490

[caption id="attachment_325940" align="aligncenter" width="560" caption="Ilustrasi/Admin (Shutterstock)"][/caption]

Kebanyakkan orang yang hidup di negara maju, terutama immigran ketika pensiun kembali ke negaranya. Pada umumnya dana pensiun dari negara maju terhitung besar walaupun tak mendapatkan dana penuh, hanya sebesar 40%, namun untuk negara asal rata-rata masih terhitung tinggi. Pensiun tentu saja tak sama pendapatannya dengan yang masih bekerja. Nilai pensiun terhitung kecil.

Berdasarkan pengetahuan saya yang kebetulan ibu mertua serta hampir 99,9% teman-teman saya adalah hanya warga negara lain, membuat banyak hal yang menjadi tambahan untuk tahu lebih banyak. Ibu mertua saya yang hidup di Rusia dimana beliau berusia 94 tahun ,memiliki dana pensiun $ 600/bulan dalam USD. Ibu mertua bekerja sebagai  Geologist di Siberia sampai usia beliau 35 tahun, selanjutnya sambil meneruskan sekolah bekerja sebagai Civil Architect di Moskow.  Sedangkan teman suami yang bekerja sebagai guru berkisar $400/bulan. Lain halnya teman wanita saya yang kebetulan dari Moskow baru satu tahun lalu pensiun dan tinggal di Canada mendapat $200 kebetulan ybs ahli kimia sewaktu di Rusia. Pensiun yang di terima di negara lain memang tidak di bayar sepenuhnya, tiap negara berbeda persentasenya antara 40%-50%.

Di Canada sendiri pensiun untuk masa sekarang bagi wanita 65 tahun dan pria usia 67 tahun , baru akan mendapat pensiun. Pensiun ada pensiun social dimana masa kerja hanya terhitung kecil ataupun tak pernah kerja sama sekali. Pensiun jenis ini hanya di berikan di dalam negara , jika immigran pindah ke negara asalnya pensiun ini tak di berikan. Untuk masa sekarang jumlah +_ $ 1250. Bagi yang bekerja tentu saja ada tambahan pensiun dimana tergantung masa kerja , posisi, jumlah potongan selama bekerja.  Dana sewaktu bekerja inilah yang bisa di bayarkan di negara lain. Semakin besar gaji tentunya semakin besar jumlah pensiun yang di dapat. Lain halnya dengan yang tak bekerja, hanya akan menerima pensiun sosial hanya yang ini tak  akan di bayarkan di negara lain, harus tinggal di dalam negara.

Pada pensiun sosial jika itu keluarga dimana suami dan istri ada tambahan untuk pensiun istri, jika itu istri sudah waktunya pensiun,tentu saja jumlahnya tak menjadi 2 kalinya, dan jika istri belum pensiun dan kebetulan tak bekerja juga ada tambahan sedikit untuk istri ini. Keluarga pensiun menerima +_ $1650 untuk yang keduanya menerima pensiun sosial, jika bekerja tambahan keduanya selama bekerja ini akan di masukkan pensiun. Setiap tahun WN akan di kirim keterangan jumlah dana pensiun yang di miliki.

Beberapa kawan yang bekerja tak penuh tahun , karena mereka adalah immigran dan pekerjaan yang dilakukan termasuk bukan level atas, tambahan dari kerja ada kalanya hanya seputar $200. Lain dengan teman-teman yang pengusaha, dimana pemilik pabrik textile apa yang saya tahu , tambahan suami istrinya menacapai $3000, sehingga walaupun pensiun tetap bisa hidup cukup baik, walaupun tentu saja mereka memiliki simpanan sendiri.

Karena itu, tulisan ini menjadikan gambaran bagi para wanita yang menikah dengan pria asing, untuk memperhatikan kearah mana jalan yang di pilih. Jika memilih sebagai permanent resident, tentunya tak memiliki hak pensiun termasuk pensiun sosial. Di negara maju sistem pembayaran adalah individu , dimana jika hanya suami bekerja tentunya dana pensiun yang bisa di terima di luar adalah pensiun suami selama ybs ada di dunia. Ini jika melihat dari hukum pensiun di Canada. Umumnya negara maju hukum tidaklah jauh berbeda, termasuk besarnya jumlah yang di terima , dimana kira-kira jika itu hanya penerima pensiun sosial adalah pas-pasan, tidaklah sampai tidak bisa hidup namun untuk ukuran mewah tidak juga. Hanya pas untuk hidup.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x