Mohon tunggu...
Lesterina Purba
Lesterina Purba Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Hidup hanya sebentar perbanyaklah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Merayakan Hari Raya Waisak dengan Ribuan Lampion Diterbangkan di Candi Borobudur

7 Mei 2020   16:30 Diperbarui: 7 Mei 2020   16:31 80 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merayakan Hari Raya Waisak dengan Ribuan Lampion Diterbangkan di Candi Borobudur
tangkapan layar

Ibadah puasa tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ibadah puasa yang biasanya setiap hari ada tarawih tahun ini tidak kita temukan karena himbauan pemerintah agar sholat di rumah masing-masing untuk menghindari penyebaran virus Corona. Begitu juga agama yang lain.

Bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman suku, agama dan ras. Keanekaragaman itu sungguh unik dan menarik. Terutama perbedaan menganut agama. Kerukunan umat beragama telah tercipta dari dulu sehingga sekarang.

Bulan Ramadhan sudah memasuki hari keempat belas, hari ini bertepatan dengan perayaan hari raya Waisak bagi umat Buddha. Perayaan tahun ini sama dengan umat agama lainnya. Merayakannya di rumah masing-masing melalui streaming YouTube . Perayaan dilakukan di rumah masing-masing karena keadaan sekarang mewabahnya virus Corona. Jadi untuk mengurangi penyerabaran virus perayaan yang seperti biasanya melibatkan banyak orang akhirnya dilakukan di rumah saja melalui ibadah online. 

Perayaan Waisak dilakukan di candi Borobudur tahun ini dengan menerbangkan lampion. Lampion melambangkan doa dan harapan. Ini dipercaya oleh umat Buddha. Perayaan yang sangat unik dan menarik perhatian. Menerbangkan seribu lampion menghiasi angkasa. Lampion ini didatangkan dari Thailand untuk memeriahkan hari raya Waisak tahun ini. Lampion berukuran satu meter diterbangkan bersama-sama. 

Lampion sangat indah di angkasa menerangi kegelapan melenyapkan kekhawatiran menghampiri kehidupan manusia di saat sekarang yang masih dilanda wabah Corona. Dengan menerbangkan ribuan lampion harapan dan doa umat Buddha agar kita segera terbebas dari virus yang mewabah. Semoga doa dan harapan kepada-Nya apa yang kita inginkan tercapai.

Selamat Hari Raya Waisak.
Terima kasih.

Erina Purba

Bekasi, 07052020

Sumber gambar dan tulisan: video Kompas

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan