Mohon tunggu...
Lestari Elastia N
Lestari Elastia N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Memasak

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Olahraga dan Diet, Menambah Berat Badan?

14 September 2022   09:48 Diperbarui: 14 September 2022   10:07 81 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Benarkah Diet dan Berplahraga justru bisa menambah berat badan?

Seringkali masyarakat beranggapan bahwa diet ya artinya mengurangi makan atau bahkan berhenti makan dalam kurun waktu tertentu untuk mengurangi berat badan. 

Dan begitupun olahraga, Banyak masyarakat menganggap tujuan olahraga selain mendapatkan tubuh yang sehat juga hanya untuk mengurangi berat badan, sehingga berasumsi orang kurus  tidak perlu melakukan olahraga apalagi diet.

Menurut Amirta (2007) Pada dasarnya diet yaitu pengaturan pola makan yang sesuai dengan tujuan seseorang melakukan pengaturan makan tersebut.  

Dari sini ditemukan fakta bahwa diet bukan hanya mengurangi berat badan, orang yang melakukan program menambah berat badan pun disebut diet, karna makna dari diet sendiri bukan mengurangi makan, tetapi mengatur pola makan dengan tujuan tertentu.

Untuk menjaga kesehatan, memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang kita konsumsi. Apabila ingin mengurangi berat badan maka total asupan makanan harus lebih kecil dari yang dibutuhkan tubuh (defisit kalori), sedangkan untuk menambah berat badan, maka total asupan makanan yang masuk harus lebih banyak dari pada yang dibutuhkan tubuh dan dikenal dengan istilah surplus kalori. 

Beberapa makanan yang cocok untuk yang ingin menambah berat badan :

1.)Alpukat

Alpukat termasuk buah yang mengandung lemak sehat, oleh karena itu alpukat mengandung banyak kalori.

2.)Susu

Minuman ini dapat membantu dalam meningkatkan berat badan, terlebih lagi jika meminum susu full cream yang mengandung lemak penuh. Dalam susu terkandung nutrisi yang banyak, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Susu juga menjadi sumber kalsium yang baik bagi tubuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan