Mohon tunggu...
Leoni Marisa Largus
Leoni Marisa Largus Mohon Tunggu... Pecinta martabak manis dan juga menulis

Lakukan apa yang kau cintai dan cintai apa yang kau lakukan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mulutmu Masa Depanmu (Tips Berani Berbicara dengan Mantap)

18 Oktober 2020   18:09 Diperbarui: 18 Oktober 2020   18:22 49 6 0 Mohon Tunggu...

Percaya gak sih kalau apa yang kita katakan bisa menetukan jalan hidup dan masa depan kita. Kalau aku sih ya, karena banyak banget pemimpin-pemimpin besar di dunia yang sukses bukan cuma karena disiplin perilakunya tapi juga karena caranya berkomunikasi.

Menurut Oh Su Hyang dalam bukunya The Secret Habits to Master Your Art of Speaking  mengatakan Hidup akan berubah jika pemikiran berubah, hidup juga bisa berubah jika perilaku berubah, tapi satu hal yang paling pasti hidup akan berubah dengan mengubah cara bicara!

Sebut saja Oprah Winfrey, Barack Obama, Steve Jobs dan masih banyak lagi nama-nama besar yang sukses karena skill komunikasinya yang tingkat Dewa. Lalu kita berpikir dari mana datangnya kemampuan itu, tentu tidak mungkin Barack Obama ketika lahir langsung berpidato di depan para tenaga medis saat itu. Kemampuan berbicara mereka tercipta dari latihan demi latihan dan kesempatan demi kesempatan.

Kesempatan yang kita ambil akan semakin menambah jam terbang kita dalam berkomunikasi sehingga makin hari cara berbicara kita akan semakin baik. Namun kita sering  kali mengabaikan kesempatan yang datang karena rasa takut dan tidak percaya diri. 

Misalnya dulu jaman saya sekolah, ketika disuruh bapak ibu guru untuk berbicara di depan kelas, baru sesi memperkenalkan diri rasanya seperti mau meninggal atau saat ditunjuk untuk memimpin doa atau menyampaikan pesan dan kesan di dalam kelompok, didalam hati selalu berbisik kenapa harus saya ya Tuhan, kalau kamu ngerasain ini juga mari kita saling rangkul.

Ketakutan dan rasa tidak percaya diri yang menghantui saat berbicara ini biasanya timbul dari rasa trauma sebelumnya. Oh Su Hyang dosen dan pakar komunikasi terkenal di korea ini mengatakan banyak orang diluar sana yang tidak bisa berbicara dengan normal akibat trauma yang justru dapat menjadi penghalang terbesar dalam dunia kerja dan juga dalam bisnis.

Jadi kalau kita gak bisa menguasainya ya kita harus siap mau tidak mau akan tersingkir. Nah, gejala trauma ini bisa seperti saat bicara kita jadi terbata-bata kayak lagi ngerap, volume suara mengecil dan bergetar, mendadak gagap, dan tatapan mata kemana-mana karena sebenarnya takut menatap orang lain.

Jadi supaya kita bisa memiliki karir yang gemilang ataupun bisnis yang cemerlang kita harus memiliki keberanian sehingga skill Komunikasi kita meningkat. Buat membantu kamu upgrade skill komunikasimu, kamu bisa coba empat tips dari Oh Su Hyang yang bisa membuat kita berani untuk bicara dengan mantap:

  • Membuat Karikatur Pendengar

Ayo kita coba berpikir bahwa orang yang sedang mendengarkan kita atau audiens bukan juri ajang pencarian bakat yang sedang menilai kita, tapi adalah orang yang akan mendengarkan cerita kita dengan gembira. Kalau masih takut juga coba bayangkan mereka yang sedang dengerin kamu bicara sebenarnya sedang menyembunyikan kaus kakinya yang berlubang di dalam sepatu. Cara ini bisa banget bikin kamu merasa lebih nyaman sehingga kamu bisa menunjukkan kemampuanmu dengan lebih baik ya kan.

  • Hindari Merendahkan Kapasitas Diri Saat Memperkenalkan Diri

“saya tidak sempat mempersipakan ini dengan baik..”

“saya masih banyak kekurangan, tapi..”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN