Mohon tunggu...
Leonardo De Chanell
Leonardo De Chanell Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Program Transfer Kredit Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan Burapha Business School, Program Studi S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017.

Selanjutnya

Tutup

Money

MLM Atau Penipuan?

30 Agustus 2021   17:53 Diperbarui: 30 Agustus 2021   18:30 544 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya merupakan salah satu mahasiswa yang menekuni bisnis MLM atau Multi Level Marketing, awalnya saya hanya diajak oleh teman saya untuk ikutan berinvestasi dalam bisnis ini tapi pada akhirnya sayapun tertarik dan mulai untuk menjalankannya sendiri. Tentunya awalnya sulit dan saya sendiri kurang mengerti bagaimana menjalankan bisnis ini. Setelah beberapa kali latihan dan belajar saya mulai mendapatkan keuntungan.

Memang tidak banyak sampai bisa liburan ke luar negeri tapi cukup untuk jajan - jajan buat mahasiswa yang tinggal in de kost seperti saya. Memang keuntungan dari bisnis ini lumayan besar dan menjanjikan tapi tidak akan saya jadikan bisnis utama terutama di Indonesia yang rata - rata masyarakatnya masih belum terbuka pikirannya mengenai bisnis jenis ini. 

Karena mindset yang dimiliki bahwa MLM itu adalah penipuan atau pembohongan publik masih melekat sangat kuat sehingga kadang saya dikatakan penipu dan sebagainya. 

Padahal MLM adalah sebuah skema bisnis yang valid dan legit di mata hukum bahkan banyak perusahaan - perusahaan besar yang sebenarnya berskema MLM tapi tidak diketahui publik seperti produk Tupperware dan Oriflame.

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash

Sepertinya jika masyarakat kita lebih terbuka dan bisa memilih mana bisnis MLM yang baik tentunya akan lebih mudah masuk dan banyak orang yang bisa memulai bisnis jenis ini. Bagaimana MLM menurut kalian?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan