Mohon tunggu...
Leny Mufarokah
Leny Mufarokah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kurangnya Pemahaman yang Mendalam tentang Islam yang Sejalan dengan Perkembangan Zaman pada Peserta Didik

28 Mei 2023   17:45 Diperbarui: 28 Mei 2023   17:55 806
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam era yang semakin berkembang ini, terdapat sebuah permasalahan yang mendalam dan perlu mendapat perhatian serius, yaitu kurangnya pemahaman yang mendalam tentang Islam yang sejalan dengan perkembangan zaman pada peserta didik. Seiring dengan kemajuan teknologi dan arus informasi yang tak terbatas, peserta didik dihadapkan pada berbagai pandangan, keyakinan, dan nilai-nilai yang beragam. Namun, penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang agama Islam yang sesuai dengan konteks zaman mereka. Kurangnya pemahaman yang mendalam tentang Islam yang sejalan dengan perkembangan zaman pada peserta didik Beberapa masalah yang terkait dengan isu tersebut, antara lain: 

1. Ketidaksesuaian dengan konteks kehidupan anak

Materi ajar agama Islam seringkali belum menggambarkan hubungan antara ajaran agama dengan konteks kehidupan sehari-hari anak-anak. Kurangnya pemahaman praktis tentang bagaimana nilai-nilai agama Islam dapat diterapkan dalam kehidupan mereka membuat mereka kurang termotivasi untuk belajar dan mengamalkannya. 

Cara mengatasinya: 

* Menyajikan materi agama Islam dengan cara yang relevan dan kontekstual dengan kehidupan anak-anak.

* Menggunakan contoh-contoh konkret dan situasi yang ditemui anak-anak sehari-hari untuk memperjelas penerapan nilai-nilai agama Islam.

* Melibatkan anak-anak dalam diskusi dan proyek yang memungkinkan mereka menghubungkan ajaran agama dengan realitas kehidupan mereka sendiri. 

Dalil yang sesuai dengan masalah di atas yaitu Q.S Al-Baqarah ayat 286

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah: 286) 

Dalil ini menggarisbawahi pentingnya menyampaikan ajaran agama Islam dengan mempertimbangkan kapasitas dan kesanggupan anak-anak. Dalam mengajarkan agama Islam pada anak sekolah, pendekatan yang disesuaikan dengan kemampuan mereka akan lebih efektif dalam membangun pemahaman yang relevan dan bermanfaat bagi kehidupan mereka. 

2. Kurangnya pendekatan berbasis nilai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun