Mohon tunggu...
Ibnu sabil
Ibnu sabil Mohon Tunggu... Lainnya - Wirausaha/Mahasiswa

Sangat suka dengan api, Tapi tidak bermain dengan api.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Perkembangan Peserta Didik: Lingkungan Baik, Peserta Didik Pun Berkembang

3 Juni 2024   03:48 Diperbarui: 3 Juni 2024   04:55 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan peserta didik adalah proses perubahan yang mencakup aspek fisik, mental, dan sosial mereka menuju jenjang berikutnya. Salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi perkembangan peserta didik adalah lingkungan

Lingkungan yang positif dan kondusif dapat memberikan dampak besar pada perkembangan anak-anak. Artikel ini akan mengulas bagaimana berbagai jenis lingkungan, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan sosial, berkontribusi pada perkembangan peserta didik.

Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga adalah fondasi pertama dan utama dalam perkembangan peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang baik, dukungan emosional, dan komunikasi yang efektif dalam keluarga dapat berdampak positif pada kesejahteraan emosional dan perkembangan kognitif anak usia pra-remaja. 

Anak-anak yang tumbuh dalam keluarga yang hangat dan mendukung cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dan keterampilan sosial yang lebih baik. 

Misalnya, studi yang dilakukan oleh Lindawati dan Wahananto (2020) menegaskan bahwa lingkungan keluarga yang positif sangat mempengaruhi perkembangan moral peserta didik.

Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah juga memainkan peran kunci dalam perkembangan peserta didik. Faktor-faktor seperti kualitas guru, metode pengajaran, serta kebijakan sekolah dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian akademis dan perkembangan pribadi anak usia pra-remaja. 

Sekolah yang mendukung, inklusif, dan memotivasi dapat menjadi landasan yang kuat bagi perkembangan positif anak-anak. Fatmawati (2020) dalam penelitiannya menunjukkan bahwa kerjasama antara orang tua dan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Lingkungan Sosial

Selain keluarga dan sekolah, lingkungan sosial juga memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan peserta didik. Interaksi dengan teman sebaya dan pengaruh media sosial adalah contoh dari lingkungan sosial yang dapat membentuk nilai-nilai, perilaku, dan persepsi diri anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun