Mohon tunggu...
Lenny Lim
Lenny Lim Mohon Tunggu... -

Born in Jambi. Moved to Batam since 2005. My educational background is Information System and selected as Australia Indonesia Youth Exchange Program 2010 participant from Riau Islands Province.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Nusantara Magazine - Majalah Belajar Bahasa Indonesia FREE!

23 Januari 2012   13:56 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:32 531
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Halo semuanya!!

Ada kabar gembira yang mau saya sampaikan!

Saya bersama seorang teman saya telah berhasil membuat NUSANTARA MAGAZINE.

Apaan tuh?
Ini adalah proyek saya bersama seorang rekan dalam membuat sebuah majalah online untuk belajar bahasa indonesia. Saya berpikir kenapa jepang bisa "memaksa" orang luar untuk belajar bahasanya dan mereka bangga dengan bahasanya itu? Saya rasa ini sudah saatnya orang luar belajar tentang bahasa kita. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat ke 4 dan banyaknya warga Indonesia yang tersebar di planet ini  maka harusnya bahasa indonesia "mendapat" tempat di hati yang mau belajar bahasa asing.

Okay sejujurnya, latar belakangnya karena ketika salah satu sahabat saya akan berangkat ke Perth bulan ini untuk mengajar bahasa indonesia, saya berinisiatif menmbantu untuk proses belajar mengajar dalam hal ini materi. Selain itu, berdasar pengalaman, banyak orang australia yang telah belajar bahasa indonesia sejak duduk di bangku SD dan minatnya tetap ada hingga mereka mengambil jurusan bahasa indonesia sewaktu kuliah. Selain itu, Indonesia merupakan negeri terdekat bagi Australian untuk melancong sehingga menguasai sedikit bahasa indonesia tentu sangat bermanfaat nantinya. Tidak lupa, ada content yang menyangkut sekilas info tentang Indonesia supaya mereka tertarik dan mau mengunjungi Indonesia. Pemikiran lainnya adalah melihat begitu banyak WNI yang tersebar di penjuru dunia, saya yakin mereka dapat menjadi agen bahasa indonesia. Tidak usah jauh jauh dimulai dari memperkenalkan majalah ini ke anaknya sendiri atau teman teman yang sekiranya tertarik dengan Indonesia. So dengan pembuatan majalah ini, saya berharap sekali dayung dua tiga pulau lewaaat!!! Oleh karena itu lahirlah majalah yang sekarang telah terbit edisi pertamanya. Target pertama rencananya adalah anak anak SD- SMP karena saya ingin membangun interest mereka sedari dini. Tapi tak dipungkiri, bisa digunakan juga buat remaja, anak kuliahan, ibu ibu hingga traveler. Juga materi disediakan dari yang sangat basic sehingga memungkinkan untuk self-study. Dan tentu saja bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris(jadinya buat anak anak di indonesia bisa buat mereka belajar bahasa inggris juga). Majalahnya pun dibuat colourful dan eye catching.

Terus kenapa?
Dengan ini saya mengharapkan kebesaran hati para KOKIERS dimana saja (indonesia juga ok) untuk mempromosikan majalah, mendownload majalah ini dan tentunya saya menerima segala sumbangan kritik, saran, duit, tenaga ato apa aja demi suksesnya majalah ini. Saat ini saya telah menyebarkannya ke beberapa pengajar bahasa indonesia dan sedang mengharapkan komen dari mereka. Ada juga dimasukkan ke jaringan hotel seperti Angsana Beach Resort & Hotel di pulau Bintan - Kepulauan Riau karena rata2 tamunya orang asing dan mereka punya aktivitas klub anak2 (doakan majalah saya bisa nyelip gitchu!). Saat ini saya membuat FB's Fan pagenya di
http://www.facebook.com/pages/Nusantara-Magazine/331544450197554
dan responnya sangat bagus. Diluncurkan sejak 15 Januari dan telah mencapai 200an lebih orang yang menyukai. Majalah akan diterbitkan 1 bulan 1 kali dan link untuk mendownload dapat dilihat di FB's fan page. Tapi kalo malas buka FB langsung aja ke link downloadnya disini
http://www.mediafire.com/?p4brvwz7bnji71b

Jadi tunggu apa lagi?

Bangga berbahasa Indonesia! Budayak Bahasa Indonesia

Semoga hal kecil yang saya lakukan dapat membawa dampak baik buat kita semua :D

Regards,

Lenny

lenny.kepri@yahoo.co.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun